Pekerja melakukan pengemasan saat memproduksi vaksin di laboratorium milik PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Selasa (28/8/2018)./ANTARA-Raisan Al Farisi
Health

Amerika Serikat Cari Sukarelawan untuk Vaksin Virus Corona

Syaiful Millah
Rabu, 11 Maret 2020 - 15:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Para peneliti di Seattle, Amerika Serikat mulai merekrut sukarelawan sehat untuk berpartisipasi dalam uji klinis eksperimental vaksin virus corona (Covid-19).

Dilansir dari Live Science, Rabu (11/3/2020) vaksin tersebut dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi bernama Moderna Therapeutics dan telah dikirimkan ke National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID) di Maryland.

Badan tersebut dilaporkan telah mengantisipasi peluncuran uji klinis pada akhir April mendatang dan akan mensponsori lembaga penelitian kesehatan bernama Kaiser Permanente Washington untuk melakukan pengujian.

Rencananya, lembaga tersebut akan mencari 45 sukarelawan sehat berusia antara 18 hingga 55 tahun untuk dilakukan uji coba awal, yang bertujuan menentukan apakah vaksin memicu respon kekebalan tubuh dan apakah dosis yang diberikan menyebabkan efek samping yang merugikan atau tidak.

Dilaporkan bahwa para sukarelawan akan dibayar sekitar US$1.100 jika mereka mengikuti uji coba klinis dengan total 11 kali vaksinasi selama periode 14 bulan ke depan atau sekitar US$100 untuk setiap janji yang mereka hadiri.

Setelah uji coba keamanan awal yang dilakukan, efektivitas vaksin juga masih harus diuji dalam beberapa kali uji coba klinis pada kelompok orang yang lebih besar, sebelum didistribusikan secara luas. Untuk itu, pengembangan vaksin sebuah penyakit membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Adapun, World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa saat ini adalah sekitar 35 vaksin virus corona baru berbeda yang sedang dikembangkan di seluruh dunia.

Mereka menambahkan, vaksin akan melalui berbagai tahapan jangka menengah dan panjang hingga akhirnya ditetapkan sebagai metode pengobatan yang definitif, berdasarkan hasil uji klinis serangkaian tahapan percobaan dan evaluasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro