Erick Thohir Impor Alat Uji Virus Corona dari Swiss, Siap Akhir Maret

Ada banyak tawaran test kit dari beberapa negara lainnya, namun dengan pertimbangan kualitas, dipilihlah test kit dari Swiss.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  14:45 WIB
Erick Thohir Impor Alat Uji Virus Corona dari Swiss, Siap Akhir Maret
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) berbincang dengan Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim (kiri) saat Public Expose Krakatau Steel 2020 di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (28/1/2020). - ANTARA / Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menyampaikan bahwa pihaknya akan mengimpor alat uji atau test kit virus corona dari Swiss dan akan masuk Indonesia perkiraan pada akhir Maret 2020.

"Sebelumnya kita sudah terima bantuan test kit dari Singapura. Ada yang beli juga dari Swiss, sudah dipesan dan akhir bulan ini insyaallah akan datang," ujarnya ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (20/3).

Dia juga mengungkapkan bahwa ada banyak tawaran test kit dari beberapa negara lainnya, namun dengan pertimbangan kualitas, dipilihlah test kit dari Swiss.

Erick tidak menyebutkan ada berapa banyak test kit, berapa anggarannya maupun merek alat uji yang dipesan.

Hingga saat ini, tersedia dua jenis metode untuk mendeteksi virus corona pada manusia yakni melalui air liur dan darah. Test kit yang dipesan dari Swiss ini, tambah Erick, akan menggunakan metode pengujian air liur.

Menurut beberapa penelitian, metode ini dianggap lebih efektif untuk mendapatkan hasil yang akurat.

"Kalau yang [metode] darah ini katanya bisa dipergunakan oleh siapa pun, dan standaranya juga berbeda-beda. Kalau yang air liur ini harus dipastikan standarnya karena akan digunakan secara luas di rumah sakit nantinya," kata Erick.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Virus Corona

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top