Ilustrasi nonton TV/bussinessinsider
Fashion

Dampak Virus Corona, Masyarakat Makin Sering Nonton Berita

Dewi Andriani
Senin, 23 Maret 2020 - 13:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Frekuensi masyarakat dalam memantau perkembangan pemberitaan terkait virus Corona Covid-19 melalui berbagai media kian meningkat, terutama sejak pertengahan Maret ketika pandemi virus corona makin meluas.

Salah satu media yang cukup banyak mendapatkan perhatian adalah televisi. Berdasarkan hasil pantauan Nielsen Television Audience Measurement (TAM) di 11 kota rata-rata kepemirsaan TV mulai meningkat dalam seminggu terakhir.

Pada tanggal 11 Maret, rata-rata rating televisi sebesar 12 persen, angka ini meningkat menjadi 13,8 persen pada 18 Maret atau setara dengan penambahan sekitar 1 juta pemirsa TV. Begitupun durasi menonton TV yang juga melonjak lebih dari 40 menit, dari rata-rata 4 jam 48 menit di tanggal 11 Maret menjadi 5 jam 29 menit di tanggal 18 Maret.

“Penonton dari Kelas Atas (Upper Class) menunjukkan kecenderungan lebih lama menonton televisi sejak 14 Maret, jumlahnya pun terus meningkat. Hal ini terlihat dari rata-rata rating 11.2 persen di tanggal 11 Maret menjadi 13.7 persen di tanggal 18 Maret,” ujar Hellen Katherina, Executive Director Media Nielsen (Indonesia), dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Senin (23/3/2020).

Hellen menambahkan bahwa maraknya pemberitaan di sejumlah stasiun televisi terkait COVID-19 di sepanjang periode 1-18 Maret berkontribusi pada naiknya kepemirsaan program berita hingga 25 persen terutama penonton kelas Atas.

Selain itu, kebijakan tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang diterapkan sejak pertengahan Maret juga mempengaruhi kepemirsaan televisi. Segmen pemirsa Anak (usia 5-9 tahun) meningkat signifikan, dari rata-rata rating 12 persen menjadi 15.8 persen di tanggal 18 Maret. Bahkan di Jakarta kepemirsaan di segmen ini mencapai rating tertinggi yaitu 16,2 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro