Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Benda yang Sering Jadi Perantara Virus Corona

Setiap orang harus berhati-hati terhadap benda yang sering disentuh, sebab benda tersebut bisa menjadi sarana penularan virus.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 24 Maret 2020  |  16:48 WIB
Kawal Covid19 berisi berbagai informasi terkait virus Corona dan tips yang bisa dilakukan untuk menghindari penularan. Kawal Covid-19 digagas sejumlah kalangan - Twitter
Kawal Covid19 berisi berbagai informasi terkait virus Corona dan tips yang bisa dilakukan untuk menghindari penularan. Kawal Covid-19 digagas sejumlah kalangan - Twitter

Bisnis.com, JAKARTA — Virus corona atau Covid-19 telah menginfeksi banyak orang di dunia pada saat ini dan membuat banyak orang tinggal di rumah untuk terhindar dan membatasi penyebaran virus tersebut.

Dilansir dari Boldsky.com, meskipun membatasi diri untuk interaksi agar terhindar dari Covid-19, individu tetap harus berhati-hati tentang fomites, yakni benda atau permukaan yang dapat terkontaminasi dengan patogen dan berfungsi sebagai kendaraan dalam menularkan penyakit dari satu orang ke orang lainnya.

Ketika seseorang terinfeksi virus Corona, maka sekresi tubuh mereka seperti cairan hidung, batuk, atau air liur menumpahkan virus. Saat batuk atau bersin, tetesan yang terinfeksi keluar dari mulut mereka dan menetap di fomites atau benda yang ada di sekitar mereka.

Kelangsungan hidup virus pada fomite bergantung pada banyak faktor seperti kelembaban, suhu, sifat fomite, atau sifat virus. Jika virus bertahan pada fomites dalam waktu lama, maka jumlah mereka dapat berkurang setelah beberapa jam dan mungkin tidak lagi membahayakan manusia.

Namun, virus dapat masuk ke tubuh, dan menyebabkan infeksi jika orang bersentuhan dengan fomites saat virus aktif. Fomites bisa berupa apa saja, yakni mulai dari paket susu hingga koran yang kita baca.

Berikut adalah daftar fomites yang dapat meningkatkan risiko virus Corona, dan cara untuk menghindarinya:

1. Paket Susu

Banyak orang memanfaatkan layanan pemesanan paket susu. Sampai batas tertentu, paket susu yang diantarkan oleh penjual atau pengantar ke rumah baik karena risiko keluar rumah di tengah wabah pandemi akan berkurang.

Namun, paket susu yang diantarkan oleh penjual atau pengantar setiap hari tidak menutup kemungkinan mengandung virus, dan meningkatkan risiko virus Corona. Jadi, lebih baik mencuci bungkusan dengan air mengalir dan deterjen terlebih dahulu sebelum meminumnya atau disimpan di lemari es.

2. Tempat Air

Air adalah suatu keharusan. Menyimpan persediaan air sangat penting karena kita tidak tahu berapa lama kondisi ini akan berlangsung dan sampai kapan akan ada pembatasan yang diberlakukan untuk keluar dari rumah.

Jika Anda membeli tempat air, maka pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air setelah mengangkatnya. Kemudian, sebelum membawa kaleng, tempat air tersebut perlu diberi desinfektan dengan sabun dan air, dan biarkan di bawah sinar matahari selama beberapa jam.

3. Groceries

Apa pun groceries yang Anda beli mungkin mengandung virus Corona karena banyak orang mungkin telah menyentuhnya dengan tangan kosong, dan siapa tahu, beberapa dari mereka mungkin terinfeksi COVID-19.

Jadi, saat membeli groceries, jangan sentuh mata, mulut, atau hidung Anda. Juga, sebelum memasuki rumah, tinggalkan keranjang belanjaan di luar di bawah sinar matahari dan kemudian cuci paket belanjaan di air mengalir dan deterjen. Jangan lupa ganti baju yang Anda kenakan saat berbelanja dan segera cuci.

4. Surat kabar

Surat kabar yang masyarakat terima setiap hari juga dapat meningkatkan risiko coronavirus. Sebelum datang ke rumah, surat kabar ditangani dan disentuh oleh banyak orang di banyak tempat.

Kita tidak dapat mensterilkan koran dengan sabun dan air. Jadi, lebih baik menghindarinya selama beberapa hari.

5. Gawai

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, objek digital seperti gawai dan laptop juga dapat bertindak sebagai kendaraan untuk virus Corona. Jadi, menyeka penutup luar gawai dengan disinfektan adalah cari yang baik untuk terhindar dari virus Corona karena penutup luar gawai dapat membuat Anda terkena virus.

Orang-orang juga harus ingat membatasi penggunaan ponsel atau menghindari menyimpannya di permukaan apapun ketika keluar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone susu Virus Corona Work From Home
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top