Petugas dari PMI Jakarta Pusat bersiap menyemprotkan disinfektan di dua menara Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/3/2020)./Antara
Relationship

5 Bahan Pembuat Disinfektan

JIBI
Selasa, 24 Maret 2020 - 07:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di masa pandemi virus corona saat ini, penting bagi masyarakat untuk mendisfeksi wilayahnya agar tidak rentan terserang virus.

Sayangnya, cairan disinfektan mulai sulit dicari selama wabah virus corona. Tentu saja ini disebabkan oleh permintaan pasar dan ketakutan masyarakat yang tinggi untuk segera mensterilkan barang-barang di sekitarnya.

Apabila Anda kesusahan untuk membeli desinfektan, Anda pun tak perlu khawatir. Sebab, menggunakan bahan-bahan antibakteri pun bisa menjadi alternatif.

Situs Times of India dan Real Simple pun membagikan lima bahan diantaranya yang bisa Anda coba. Apa saja?

Cuka putih

5 Bahan Pembuat Disinfektan

Bahan alami yang sering Anda temui saat membeli bakso ini bisa menjadi antibakteri untuk dimanfaatkan sebagai desinfektan. Alasannya, kandungan asam asetat dan air yang bisa menghilangkan bakteri pada permukaan barang. Meski tidak seefektif disinfektan asli, namun cuka putih cukup ampuh dan mudah ditemui. 

Vodka

5 Bahan Pembuat Disinfektan

Bagi para pria yang gemar mengkonsumsi minuman beralkohol, vodka pun bisa menjadi pilihan baik untuk dijadikan disinfektan. Alasannya, kandungan alkohol pada vodka yang umumnya berkisar 40-60 persen. Cukup letakkan vodka pada barang yang ingin dibersihkan dan tinggalkan sejenak sebelum akhirnya diusap. Bakteri pun akan hilang. 

Lemon

5 Bahan Pembuat Disinfektan

Asam sitrat pada lemon bekerja sangat baik dalam mengatasi noda alkali seperti buih sabun di kamar mandi dan dapur. Lemon juga dapat digunakan untuk membersihkan permukaan yang tidak berpori dan memurnikan logam yang teroksidasi. Yang terpenting, lemon memiliki kemampuan pula untuk mengurangi bakteri pada permukaan yang keras. 

Minyak esensial

5 Bahan Pembuat Disinfektan

Selain memiliki aroma yang wangi, minyak esensial juga bisa dijadikan desinfektan alami. Tidak hanya mengangkat jamur dan bakteri, minyak esensial yang dicampur dengan vodka bahkan dapat membersihkan bau apek di rumah Anda. Beberapa jenis minyak esensial yang disarankan itu termasuk pohon teh, serai, geranium, serai, jeruk, dan nilam. 

Hidrogen peroksida

5 Bahan Pembuat Disinfektan

Apabila Anda pernah mengalami luka saat terjatuh di bangku taman kanak-kanak, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan penggunaan hidrogen peroksida. Ya, ia bisa membantu menutup luka dan membunuh bakteri dengan menghancurkan dinding sel. 

Hidrogen peroksida juga bisa dijadikan desinfektan alami. Secara spesifik, ia sangat ampuh membunuh jamur dan bakteri serta menghilangkan noda pada pakaian. Jadi sebelum mencuci baju usai dipakai keluar rumah saat pandemi corona, tak ada salahnya mencampurkan sabun cuci dengan hidrogen peroksida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro