Seorang peneliti bekerja di laboratorium pusat pencegahan dan pengendalian penyakit di Nanyang, Provinsi Henan, China tengah, pada 4 Februari 2020./Antara-Xinhua
Health

11 Pertanyaan Penting Soal Virus Corona yang Belum Jelas Jawabannya

Syaiful Millah
Selasa, 31 Maret 2020 - 11:35
Bagikan

Potensi 2 Kali Teirnfeksi dan Dugaan Virus Musiman

9. Apakah ada obat yang aman dan efektif untuk mengobati COVID-19?

Sejauh ini belum ada pengobatan yang disetujui oleh Food and Drug Administration untuk penanganan COVID-19 atau gejalanya. Akan tetapi, ada beberapa kandidat awal yang menjanjikan dan telah dilakukan uji coba.

Obat-obat tersebut misalnya hydroxuchloroquine dan remdesivir. Adapun, saat ini pengujian klinis masih terus dilakukan untuk memastikan efektivitas obat tersebut sekaligus kemanannya untuk digunakan di skala global.

Hal ini penting diketahui agar sistem kesehatan dunia memiliki obat untuk memperlambat infeksi atau menghentikan penyebaran dan infeksi virus corona baru ini.

10. Kapan vaksin yang efektif virus corona tersedia?

Pengujian klinis dari beberapa obat atau vaksin yang dilakukan mengambil pendekatan yang berbeda-beda, dan ada peluang bahwa setidaknya satu vaksin akan menunjukkan hasil yang baik.

Akan tetapi semua kandidat vaksin itu masih berada dalam fase awal percobaan. Mungkin butuh waktu lebih dari setahun untuk membuktikannya secara aman, dan setelahnya butuh waktu sekitar enam bulan untuk proses produksi dan distribusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro