Ilustrasi Pasangan/Reuters
Relationship

Punya Pasangan Optimistis, Bisa Tingkatkan Daya Ingat Saat Tua

Krizia Putri Kinanti
Rabu, 1 April 2020 - 16:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sekelompok peneliti Universitas Negeri Michigan mengungkapkan bahwa rahasia untuk memiliki pikiran yang lebih tajam saat tua, terletak pada memiliki pasangan yang optimis.

Penelitian sebelumnya telah menghubungkan optimisme pada individu dengan fungsi kognitif yang sehat. Namun, tim peneliti kali ini ingin melihat apakah memiliki pasangan dengan sikap optimis juga dapat membantu menjaga fungsi kognitif seseorang seiring bertambahnya usia. 

Penelitian ini melibatkan 4.457 pasangan heteroseksual dari Health and Retirement Study. Orang-orang yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah orang Amerika berusia 50 dan lebih tua. Itu dianggap sebagai kelompok besar, beragam yang mewakili populasi ini.

Pada awal penelitian, para peserta dinilai untuk optimisme melalui kuesioner. Kognisi dinilai setiap 2 tahun selama periode tindak lanjut 8 tahun, dengan orang yang diuji hingga 5 kali. Penilaian kognisi meliputi tes memori jangka pendek dan memori komputasi.

Setiap pasangan yang terlibat juga diminta untuk menilai kualitas ingatan mereka dalam kehidupan sehari-hari mereka. Ketika tim menganalisis data, mereka menemukan bahwa orang yang lebih optimis melakukan kognitif yang lebih baik. Menikah dengan seorang optimis juga terkait dengan fungsi kognitif yang lebih baik.

Patrick L. Hill profesor ilmu psikologi dan otak di Universitas Washington di St. Louis, yang tidak ikut serta dalam penelitian ini, mengatakan perlu dicatat, bahwa penulis hanya menemukan ukuran efek yang sederhana untuk optimisme pasangan.

"Optimisme tentu saja dapat berperan,tetapi pekerjaan masih diperlukan untuk menjelaskan mengapa dan untuk melawan penjelasan alternatif, sebelum kami mempromosikan optimisme sebagai target intervensi untuk mempromosikan fungsi kognitif," tuturnya dikutip dari www.healthline.com, Rabu (1/4/2020).

Hill ragu-ragu untuk merekomendasikan menumbuhkan optimisme sebagai cara mencegah penurunan kognitif. Namun, dia mengatakan ada beberapa hal yang akan direkomendasikan. "Satu jalur yang menonjol adalah melalui keterlibatan aktivitas yang lebih besar," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa kebugaran dan aktivitas fisik merupakan prediksi positif pemeliharaan kognitif seiring bertambahnya usia. Selain itu, keterlibatan sosial telah terbukti bermanfaat untuk menjaga fungsi kognitif. Jadi, akan sangat membantu untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga Anda.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro