Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cegah Virus Corona, Cuci Pakaian Setelah Dari Luar Rumah

Droplet seperti percikan air liur dari orang yang terinfeksi virus corona (Covid-19) mudah menempel pada pakaian Anda tanpa sengaja menyentuh barang yang sudah terpapar virus ini.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 02 April 2020  |  13:38 WIB
Pekerja menyelesaikan pembuatan Alat Pelindung Diri (APD) kesehatan di Desa Ploso Geneng,  Kabupaten Jombang,  Jawa Timur, Senin (30/3/2020). Untuk memenuhi permintaan tim kesehatan COVID-19 dari wilayah Surabaya, Jakarta, Jombang, Blitar serta permintaan donatur,  pelaku usaha konveksi tersebut memproduksi 100 set pakaian hazmat setiap hari dengan harga Rp55 ribu per lembar.  ANTARA FOTO - Syaiful Arif
Pekerja menyelesaikan pembuatan Alat Pelindung Diri (APD) kesehatan di Desa Ploso Geneng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (30/3/2020). Untuk memenuhi permintaan tim kesehatan COVID-19 dari wilayah Surabaya, Jakarta, Jombang, Blitar serta permintaan donatur, pelaku usaha konveksi tersebut memproduksi 100 set pakaian hazmat setiap hari dengan harga Rp55 ribu per lembar. ANTARA FOTO - Syaiful Arif

Bisnis.com, JAKARTA – Menjaga kebersihan tangan menjadi sangat penting di tengah pandemi virus corona atau (Covid-19). Sebab, virus tersebut mudah menempel pada permukaan tak terkecuali tangan hingga berjam-jam bahkan berhari-hari.

Memang, saat ini pemerintah telah menerapkan social distancing agar masyarakat melakukan aktivitas di dalam rumah. Namun adakalanya masyarakat perlu ke luar untuk berjemur atau membeli bahan makanan.

Pertanyaan, jika menjaga kebersihan tangan adalah suatu keharusan, apakah juga perlu mengganti pakaian setelah kembali ke rumah?

Meskipun belum ada bukti pasti bahwa Covid-19 dapat hidup di pakaian atau tidak, tetapi dikatakan bahwa virus ini bertahan di beberapa permukaan yang berbeda. Dia dapat hidup hingga 24 jam di permukaan seperti karton, sementara itu dapat bertahan hingga tiga hari di plastik dan baja.

Bisa saja, droplet seperti percikan air liur dari orang yang terinfeksi corona menempel pada pakaian atau pakaian anda tidak sengaja menyentuh barang yang sudah terpapar virus ini.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi lebih baik anda mengganti pakaian anda setelah kembali ke rumah, terutama jika telah bertemu seseorang yang batuk atau bersin di dekat anda.

Cuci tangan Anda sebelum berganti pakaian serta setelah berganti pakaian. Jika mau, cuci pakaian Anda secara terpisah dalam air hangat dengan menggunakan disinfektan normal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pakaian tips sehat Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top