Ilustrasi anak kecil dengan smartphone/flickr
Health

Belajar di Rumah, Ini Tips Anak Mengenal Flora dan Fauna

Akbar Evandio
Kamis, 2 April 2020 - 17:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketika aktivitas belajar harus dilakukan dari rumah untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) maka orang tua mencari cara agar anak tidak kehilangan waktu belajar.

Pembelajaran dapat dilakukan kapan saja dan melalui berbagai pendekatan yang dapat membuat anak makin terlibat dan aktif. Google menuliskan dalam keterangan resmi, Kamis (2/4/2020) memberikan 5 tips bagi orang tua dapat memperkenalkan keajaiban flora dan fauna cukup dari smartphone.

1. Orang tua dapat menggunakan Google Search untuk menemui hewan Augmented Reality (AR) seukuran aslinya.

Anda dapat menunjukkan kepada anak-anak Anda beruang coklat, hiu, dan 27 hewan lain seukuran aslinya, dengan pencarian sederhana di Google Search. Anda dapat membawa hewan-hewan ini ke ruang Anda, sehingga anak-anak Anda dapat melihat seberapa besar atau kecilnya mereka, dan bagaimana mereka membandingkannya dengan, katakanlah, sofa atau barang - barang di rumah.

2. Orang tua dapat mengenalkan pada anak berbagai suara asli hewan melalui Google Search

Selain melihat perkiraan ukuran asli seekor hewan, cukup dengan mencari “suara hewan” di Google Search, Anda juga dapat memperkenalkan berbagai suara asli hewan - hewan pilihan.

3. Anak dapat dituntun untuk mengidentifikasi tanaman atau hewan peliharaan dengan Google Lens

Dengan Google Lens, Anda dapat mencari apa yang Anda lihat dan pelajari tentang dunia di sekitar Anda. Ketika sedang di pekarangan rumah Anda atau dan anak - anak bertanya tentang jenis tumbuhan atau hewan yang mereka lihat, Anda dapat mengeluarkan ponsel Anda, membuka aplikasi Google Lens, dan mendapatkan bantuan menemukan jawabannya.

4. Anak dapat diarahkan untuk mempelajari tentang fakta seputar flora dan fauna di Google Search

Apa yang dimakan Panda Raksasa? Berapa panjangkah seekor Python? Dimanakah habitat macan tutul? Perkenalkan anak - anak Anda kepada fakta seputar flora dan fauna melalui knowledge panel hewan di Google Search. Cukup dengan cari hewan atau tumbuhan yang ingin Anda pelajari, dan temukan kotak dengan detail menarik seperti nama ilmiah hewan, masa hidup mereka, dan makanan yang mereka konsumsi.

5. Menyelami dunia bawah laut bersama keluarga lewat Google Maps

Ajak anak Anda untuk bertualang di bawah air di Raja Ampat, Taman Nasional Bunaken, Bali, hingga pulau Komodo. Yang Anda butuhkan hanyalah Google Maps, untuk menjelajahi keindahan alam Indonesia yang menakjubkan.

Underwater Street View ini dibuat oleh tim  XL Catlin Seaview Survey yang menggunakan kamera panorama yang dipasang pada skuter bawah air yang dikemudikan seorang penyelam. Inisiatif ini adalah bagian dari studi global yang didedikasikan untuk memantau perubahan karang laut dan mengungkapkan perubahan itu kepada dunia.

Selain itu, ada beberapa cara lain yang dapat Anda ajarkan kepada anak-anak Anda tentang tanaman dan hewan di planet kita dengan bantuan dari smartphone Anda. Yuk terus kita ajak anak - anak menjadi penjelajah dunia yang cerdas dalam memanfaatkan kebaikan internet dan teknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro