Uang Bisa Menjadi Agen Penyebar Virus dan Bakteri

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang kuman tentang uang dan apa yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 03 April 2020  |  14:26 WIB
Uang Bisa Menjadi Agen Penyebar Virus dan Bakteri
Karyawati menunjukan mata uang Rupiah dan Dollar Ameika Serikat di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta, Kamis (2/4/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA  - Anda tidak pernah tahu di mana uang kertas dan koin telah dihinggapi kuman atau jenis kuman apa yang dibawa uang.

Ternyata, apapun mulai dari bakteri jinak hingga kuman super yang berbahaya bisa ada di uang Anda. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang kuman tentang uang dan apa yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri.

1.Uang dapat menyebarkan kuman dari orang ke orang

Uang dapat membawa virus, protozoa, dan bakteri. Tergantung di mana ia berada, itu bisa membawa hampir apa saja. Salah satu penelitian lama dan banyak dikutip bahkan menemukan bahwa 79% dari uang kertas satu dolar mengandung jejak kokain.

Studi lain mengenai uang kertas dolar di New York City telah menemukan sejumlah besar mikroba aktif, yang paling umum adalah propionibacterium acnes, bakteri yang bertanggung jawab untuk jerawat. Para peneliti menganalisis satu set uang kertas satu dolar yang diperoleh dari bank Manhattan dan menemukan bahwa uang itu penuh dengan bakteri.

"Uang berfungsi sebagai alat pelengkap, kendaraan mati yang dapat menyebarkan patogen," kata Charles Bailey, MD, direktur medis untuk pencegahan infeksi di Providence St. Joseph Health dikutip dari www.insider.com, Jumat (3/4/2020).

Misalnya, jika Anda menyentuh uang itu, kemudian menyentuh tangan orang lain, Anda dapat menyebarkan kuman tersebut kepada mereka. Atau jika Anda menyentuh uang kotor dan kemudian menyentuh gagang pintu, tombol lift, atau layar sentuh di ATM, Anda juga dapat menyebarkan infeksi.

Betapa mudahnya bagi seseorang yang terinfeksi virus untuk menyebarkan virus itu kepada Anda. Hanya butuh satu sentuhan. Satu studi menemukan bahwa mata uang fisik berpindah tangan setidaknya 55 kali setahun, atau hampir seminggu sekali. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya atau mengabaikan risikonya.

Meskipun berapa lama kuman hidup di permukaan itu tergantung patogennya, beberapa virus dapat hidup hingga 72 jam, itulah mengapa penting untuk berhati-hati saat memegang uang.

2.Bagaimana menghindari kuman berpindah melalui uang kertas

Jika Anda khawatir tentang uang kertas yang mengandung kuman, Anda dapat mencoba untuk membersihkan uang Anda. Tapi itu mungkin tidak mudah. "Berusaha untuk membersihkan uang itu bisa saja tetapi jauh lebih rumit daripada mencuci tangan dan mengurangi transaksi menggunakan uang secara fisik lebih daripada yang mungkin terjadi," kata Bailey.

Beberapa cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci tangan Anda dengan sabun atau pembersih tangan setelah menyentuh koin atau struk belanja. Sepasang sarung tangan sekali pakai juga melindungi tangan Anda dari kuman atas uang yang Anda sentuh.

Tidak ada cara sempurna atau mudah untuk membersihkan uang di rumah. China di tengah-tengah pandemi virus corona, telah memulai operasi besar yang yakni dengan mendisinfektan uang dengan sinar UV dan suhu tinggi sebelum melepaskan uang kembali ke sirkulasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
uang, Virus Corona

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top