Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Panduan Bagi Pemilik Hewan Peliharaan Saat Pandemi Virus Corona

Saat ini tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan dapat menjadi sakit akibat COVID-19 atau bahwa hewan dapat menularkan virus ke manusia, tetapi sampai lebih banyak diketahui masuk akal untuk mengambil tindakan pencegahan.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 06 April 2020  |  14:05 WIB
Bepergian dengan anjing. - CHEVROLET
Bepergian dengan anjing. - CHEVROLET

Bisnis.com, JAKARTA -- Dengan pengumuman baru-baru ini dari pemerintah tentang tinggal di rumah, kami tahu banyak orang memiliki kekhawatiran dan pertanyaan terkait hewan peliharaan.

Dilansir dari www.pdsa.org.uk, ini beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering disampaikan oleh banyak orang.

Saat ini tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan dapat menjadi sakit akibat COVID-19 atau bahwa hewan dapat menularkan virus ke manusia, tetapi sampai lebih banyak diketahui masuk akal untuk mengambil tindakan pencegahan.

1. Masih bisakah mengajak anjing jalan-jalan?

Ya, Anda bisa mengajak anjing Anda berjalan. Setiap orang di rumah bisa keluar sekali sehari untuk berolahraga, sehingga setiap orang bisa mengajak anjing berjalan-jalan. Penting bagi kesehatan fisik dan mental mereka bahwa mereka masih dapat berjalan kaki setiap hari. Tetapi Anda harus mengikuti beberapa panduan sederhana:

a. Tidak jauh - jangan pergi terlalu jauh dari rumah dan hanya berkendara jika benar-benar diperlukan.

b. Pertahankan jarak sosial - ini berarti memelihara anjing Anda ketika berada di sekitar orang lain untuk memastikan Anda berdua setidaknya berjarak dua meter dari orang lain dan hewan peliharaan mereka.

c. Ingatlah untuk mengambil tas kotoran dan membuang sampah sesegera mungkin.

d. Cuci tangan Anda dengan seksama sebelum Anda pergi dan segera setelah Anda tiba di rumah.

 2.Bisakah kucing pergi ke luar?

Jika tidak ada orang di rumah Anda yang memiliki gejala virus corona, maka kucing yang biasanya keluar rumah dapat terus melakukannya. Namun, yang terbaik adalah meminimalkan kontak Anda dengan mereka selama ini. Jika Anda menyendiri karena seseorang di rumah tangga Anda memiliki gejala, Anda perlu melakukan tindakan pencegahan ekstra.

Jika kucing Anda masih keluar, maka sangat penting untuk menjaga kebersihan. Cuci tangan Anda secara menyeluruh dan teratur, terutama sebelum dan sesudah menyentuh hewan peliharaan Anda, makanannya, atau barang-barang terkait hewan peliharaan lainnya. Berhati-hatilah saat membersihkan baki sampah dan membuang kotorannya. Selalu disarankan untuk tidak membiarkan hewan peliharaan Anda menjilat wajah Anda, dan jangan berbagi makanan dengan mereka.

Jika Anda memiliki lebih dari satu kucing dan mereka semua dipelihara di dalam ruangan, perubahan pada rumah dan rutinitas mereka dapat membuat mereka sangat tertekan, yang dapat menyebabkan penyakit.

3. Apakah aman untuk membelai hewan peliharaan orang lain?

Kami menyadari sangat sedikit kasus hewan peliharaan yang dites positif COVID-19 di Hong Kong dan Belgia, namun tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan dapat menularkan penyakit atau menjadi sakit karena virus. Karena itu, kami sarankan untuk mengambil tindakan pencegahan yang masuk akal sampai lebih banyak yang diketahui. Mungkin saja virus itu ada pada bulu atau kerah hewan peliharaan, seperti pada permukaan lainnya. Kami sarankan untuk tidak berinteraksi dengan hewan peliharaan yang dimiliki oleh orang-orang yang mungkin dapat mengisolasi diri, untuk berjaga-jaga. Jika ini tidak dapat dihindari, pastikan Anda mencuci tangan setelah kontak apa pun dan jangan biarkan kucing orang lain masuk ke rumah Anda.

4. Masih bisakah memberi makan kucing liar?

Ya, Anda dapat terus memberi makan kucing liar atau komunitas mana pun yang Anda sediakan secara teratur. Namun, cuci tangan Anda dengan seksama sebelum dan setelah melakukan ini, jangan usap mereka, dan jangan biarkan mereka masuk ke rumah Anda. Meskipun tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan dapat menyebarkan penyakit ini, kami menyarankan untuk mengambil tindakan pencegahan yang masuk akal sampai lebih banyak yang diketahui.

5. Bagaimana jika hewan peliharaan sakit atau terluka dan perlu perawatan segera? Akankah dokter hewan buka?

Dokter hewan telah diminta untuk tetap membuka layanan darurat jika memungkinkan selama waktu ini. Penting bahwa hewan peliharaan terus mendapatkan perawatan mendesak yang mereka butuhkan.

Silakan hubungi dokter hewan Anda sebelum pergi ke tempat praktik, mereka akan memiliki tindakan pencegahan ekstra untuk menjaga semua orang aman. Mereka mungkin juga dapat menawarkan konsultasi telepon pada contoh pertama, untuk menghindari perjalanan yang tidak perlu. Semua praktik dokter hewan akan bekerja bersama untuk memastikan semua hewan peliharaan dapat terus mengakses perawatan darurat, bahkan jika ini merupakan praktik yang berbeda dari yang biasa Anda lakukan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona hewan peliharaan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top