Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek Fakta : Sakit Testis Tanda Gejala Virus Corona

Para peneliti dari Harvard Medical School melaporkan kasus tentang seorang pria berusia 42 tahun yang dites positif virus corona baru dengan keluhan rasa sakit yang menusuk di testisnya. 
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 14 April 2020  |  10:38 WIB
Cek Fakta : Sakit Testis Tanda Gejala Virus Corona
Alat qPCR dari perusahaan rintisan Nusatics untuk melakukan tes cepat pasien terinfeksi virus corona atau Covid-19. - Dok.Nusatics
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gejala virus corona baru atau COVID-19 terus berkembang. Baru-baru ini dilaporkan penderita virus yang menyerang saluran pernapasan ini merasakan area sakit di area pribadi. 

Para peneliti dari Harvard Medical School melaporkan kasus tentang seorang pria berusia 42 tahun yang dites positif virus corona baru dengan keluhan rasa sakit yang menusuk di testisnya. 

Dari hasil pemeriksaan, dokter tidak dapat menemukan kesalahan dengan alat kelaminnya itu. Namun, CT scan menunjukkan kerusakan di paru-paru pria tersebut. Dua hari kemudian pasca menjalani pemeriksaan, pria itu didiagnosis menderita COVID-19. 

Sayangnya, karena gejala yang tidak lazim pada pria tersebut, beberapa pasien dan dokter lainnya mungkin secara tidak sengaja terpapar virus corona baru yang dibawanya. 

Belum jelas apakah nyeri pada bagian alat kelamin itu bisa dikaitkan dengan COVID-19, tetapi menurut para ahli ada virus lain yang secara pasti mempengaruhi testis, seperti gondong.

“Hanya waktu yang akan mengatakan apakah COVID-19 juga memengaruhi testis, tetapi itu bukan gejala yang sering dikeluhkan oleh banyak pasien," ujar Dr Viney, seorang ahli bedah di Birmingham dilansir dari Express.co.uk, Selasa (14/4/2020).

Sejauh ini, para peneliti menemukan ada gejala lain virus corona baru seperti kehilangan indra dan penciuman, kabut otak, kelelahan, kurang nafsu makan, dan mata merah dan sakit.

Ada pula masalah perut seperti diare, mual, dan muntah. Dr Diana Gall mengatakan masalah pencernaan dan perubahan kebiasaan buang air besar, tinja yang lebih encer, dan lebih sering ke toilet kadang-kadang merupakan tanda pertama bahwa ada virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh, bukan hanya karena virus corona ini. "Namun, diare telah dilaporkan sebagai gejala awal pada pasien yang kemudian dites positif COVID-19," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Gejala Penyakit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top