UGM bersama dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), industri lokal di Yogyakarta, dan RSUD dr. Sardjito mengembangkan ventilator portabel dengan biaya terjangkau yang kini sudah terwujud purwarupanya.
Health

4 Kampus Negeri Ini Kembangkan Ventilator Bagi Pasien Corona

Rezha Hadyan
Selasa, 14 April 2020 - 21:15
Bagikan

Universitas Gadjah Mada

Tim Dosen UGM bekerja sama dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), industri lokal di Yogyakarta, dan RSUD dr. Sardjito mengembangkan ventilator portabel dengan biaya terjangkau yang kini sudah terwujud purwarupanya.

Meski baru sebatas purwarupa, Adhika Widyapraga selaku dosen yang terlibat dalam pengembangan tersebut optimistis ventilator yang mereka kerjakan nantinya bisa diaplikasikan dengan baik dan diproduksi lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan fasilitas layanan kesehatan masyarakat.

“Kita belum membuat banyak. Masih di uji coba.  Sudah kami uji bersama tim dokter kami di RS Sardjito. Masih penyempurnaan. Kemarin ada beberapa sensor tambahan yang diminta oleh tim dokter karena pengukurannya cukup penting,” katanya melalui keterangan resmi pada Selasa (7/4/2020).

Rencananya, tim UGM akan membuat tiga jenis ventilator, yakni versi fully featured ventilator (high end), versi low cost dan versi ambu bag conversion. Menurutnya, ventilator tanpa ambu bag dan versi ambu bag proses pembuatannya sangat murah sehingga bisa diproduksi dalam jumlah besar serta dapat dengan mudah diakses oleh Puskesmas sekalipun.

Adhika mengakui timnya sangat berhati-hati membuat ventilator ini dengan lebih mempertimbangakan performa alat dan tingkat keamanan. Meski sudah ada kemajuan, saat ini pihaknya tengah memperbaiki fungsi monitoring pressure, flow, oxygen level, serta kemampuan untuk setting parameter pada flow, pressure, respiratory rate.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro