Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Unik! Youtuber Bahas Berakhirnya Virus Corona Pakai Rumus Matematika

Jerome mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) dengan caranya sendiri. Dia berharap pelajar bisa memahami pandemi ini dan berpartisipasi menekan laju wabah.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 14 April 2020  |  22:17 WIB
Unik! Youtuber Bahas Berakhirnya Virus Corona Pakai Rumus Matematika
Seorang peneliti bekerja di laboratorium pusat pencegahan dan pengendalian penyakit di Nanyang, Provinsi Henan, China tengah, pada 4 Februari 2020. - Antara/Xinhua
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jerome Polin, YouTuber pendidikan yang aktif memberikan edukasi positif untuk remaja dan anak-anak, merilis video pembahasan Covid-19 dengan Matematika di kanal YouTube Nihongo Mantap untuk menjelaskan pentingnya masyarakat mematuhi kebijakan pembatasan sosial dan memaparkan prediksi berakhirnya pandemi ini di Indonesia.

Jerome mengatakan bahwa masyarakat perlu menggunakan masker, jaga jarak dan tidak keluar rumah. Sebab, penyebaran coronavirus sangat cepat (rapid) sehingga dengan makin banyaknya masyarakat yang terinfeksi dapat menyebabkan tenaga medis kewalahan karena keterbatasan personil dan infrastruktur.

“Ada satu hal yang perlu diperhatikan baik-baik, bahwa virus ini bukan menyebar secara linear, tetapi eksponensial,” ujar Jerome dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (14/4/2020).

Dia kemudian mencoba merumuskan penyebaran Covid-19 secara sederhana dengan tiga variabel, yaitu jumlah kasus per hari, jumlah rata-rata orang yang bertemu pasien positif, dan peluang tertular dari pasien positif.

“Pakai masker dan cuci tangan akan memengaruhi angka peluang tertular, dan jaga jarak serta tidak keluar rumah akan menurunkan angka rata-rata orang yang bertemu pasien positif Covid-19. Dalam jangka waktu 14 hari, jumlah pasien positif yang seharusnya bisa mencapai puluhan ribu orang bisa menjadi beberapa ratus saja,” terangnya.

Jerome kemudian menjelaskan perhitungannya dan menunjukkan perbedaan kurvanya dalam video tersebut.

Jerome juga memaparkan hasil perhitungan dari alumni Departemen Matematika Universitas Indonesia yang memprediksi berakhirnya pandemi ini dengan tiga skenario. Yaitu ketika pemerintah tegas membatasi interaksi antarmanusia, maka pandemi akan berakhir jauh lebih cepat dan jumlah pasien yang bertambah jauh lebih sedikit.

Lain halnya jika pemerintah membuat kebijakan tetapi tidak tegas dan masyarakat tidak disiplin menerapkan social distancing dan bertindak seenaknya, maka hasilnya bisa sangat parah.

“Kita semua punya peran yang penting dalam menekan penyebaran coronavirus ini, tidak cuma petugas medis dan pemerintah. Kita bisa menjadi pahlawan dengan disiplin dan taat peraturan tinggal di rumah,” tuturnya.

Melalui videonya tersebut, Jerome berkontribusi mencegah penyebaran Covid-19 dengan caranya sendiri. Dia menunjukkan bagaimana menerapkan pelajaran sekolah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, harapannya para pelajar di Indonesia bisa memahami pandemi ini dan berpartisipasi menekan laju wabah coronavirus dengan caranya masing-masing.

“Untuk yang ingin belajar materi pertumbuhan linear, pertumbuhan eksponensial, dan penjelasan mengenai virus dan sistem imun tubuh manusia lebih dalam lagi, silakan belajar di aplikasi Zenius. Saat ini Zenius sedang gratis, jadi kamu bisa belajar dari rumah dan membantu menekan penyebaran Covid-19,” tutupnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

unik youtube Virus Corona covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top