Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KADET 1947: Kisah Taruna Angkatan Udara Saat Agresi Militer Belanda I

Sejarah pernah mencatat bahwa negara ini pernah menggantungkan harapannya pada pemuda untuk berkarya, bersuara, dan bergerak untuk keutuhan bangsa.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 15 April 2020  |  20:45 WIB
KADET 1947: Kisah Taruna Angkatan Udara Saat Agresi Militer Belanda I
Kadet 1947 diklaim sebagai 'untold stories' menggambarkan bagaimana potensi dan keberanian tujuh orang kadet yang melakukan serangan udara ke tentara Belanda di beberapa wilayah yang diduduki saat itu. - ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Rumah produksi Temata Studios (Telinga Mata Nusantara), rumah produksi film dan mengumumkan deretan produser, sutradara, dan para aktor/aktris untuk film terbarunya berjudul KADET 1947.

Film yang produksinya berkolaborasi dengan rumah produksi Screenplay Films dan Legacy Pictures ini menceritakan perjuangan para kadet atau siswa angkatan udara (taruna) yang melakukan aksi pengeboman pertama dalam upaya mempertahankan kemerdekaan bangsa kala Agresi Militer Belanda I di tahun 1947.

Film yang diklaim sebagai ‘untold stories’ ini menggambarkan bagaimana potensi dan keberanian tujuh orang kadet yang melakukan serangan udara ke tentara Belanda di beberapa wilayah yang diduduki saat itu, yaitu Ambarawa dan Semarang. Dengan segala keterbatasan peralatan dan senjata, mereka berhasil melaksanakan serangan balik atas Agresi Militer Belanda I pasca pelanggaran Perjanjian Linggarjati oleh Belanda.

Produser KADET 1947 Celerina Judisari menyatakan bahwa banyak nilai yang bisa dipetik dari film ini untuk menginspirasi dan mendorong kepercayaan diri generasi muda untuk memberikan potensi terbaik mereka bagi negara.

“Terlebih di saat pandemi Covid-19 seperti ini, kita sebenarnya menghadapi situasi yang sama, yakni ancaman terhadap keberlangsungan hidup masyarakat. Saat ini, memang bukan penjajah yang harus kita hadapi jadi tidak perlu angkat senjata untuk berperang seperti apa yang dilakukan para kadet di tahun 1947. Tapi upaya sekecil apapun dari para pemuda saat pandemi ini adalah perjuangan yang mulia,” tutur Celerina dalam konferensi pers yang digelar secara daring pada Rabu (15/4/2020).

Celerina menjelaskan peluncuran KADET 1947 awalnya direncanakan pada bulan Agustus 2020 untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75 tahun. Namun, proses produksi yang dimulai sejak awal Maret 2020 ini harus mengalami penundaan karena pandemi COVID-19 yang merebak di Indonesia sejak bulan Maret 2020.

Belum ada informasi lebih lanjut kapan KADET 1947 akan diluncurkan. Namun yang jelas, informasi penyebaran wabah Covid-19 ini terjadi bertepatan dengan hari pertama syuting.

“Kami langsung menerapkan protokol kesehatan dalam mengantisipasi penyebaran virus di lokasi. Namun, demi kebaikan bersama maka kami akhirnya memutuskan menunda kegiatan syuting yang tengah berlangsung,” demikian disampaikan Produser KADET 1947 Tesadesrada Ryza.

Lebih lanjut, Ryza menuturkan bahwa KADET 1947 merupakan film drama berlatar belakang peristiwa sejarah masih jarang dibuat dibandingkan dengan tema film populer lainnya, terlebih yang mampu menarik perhatian generasi muda.

“Dibuat dengan drama untuk menyiasati agar mampu menarik penonton. Ini juga upaya agar sejarah bangsa bisa dinikmati lewat cara yang lebih menarik tidak hanya melalui buku-buku sejarah yang diajarkan di sekolah saja,” tuturnya.

Untuk itu, film ini mengusung konsep yang terinspirasi dari sejarah dengan tambahan pengembangan cerita sebagai daya tarik bagi generasi muda. Film KADET 1947 mendapat dukungan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), khususnya AU (Angkatan Udara), karena cerita pada film ini terinspirasi dari salah satu babak sejarah TNI AU yang belum banyak diketahui masyarakat pada umumnya.

Berbicara mengenai semangat yang diceritakan dalam film ini, kedua sutradara sekaligus penulis naskah film KADET 1947 yaitu Rahabi Mandra dan Aldo Swastia mengamini bahwa energi pemuda kembali dibutuhkan untuk tetap semangat menjalani masa sulit. “Sejarah pernah mencatat bahwa negara ini pernah menggantungkan harapannya pada pemuda untuk berkarya, bersuara, dan bergerak untuk keutuhan bangsa,” ujar Rahabi.

Hal ini pula yang menjadi alasan utama pemilihan aktor milenial untuk mengukuhkan nilai yang dibawa oleh film ‘untold stories’ ini. Karakter pahlawan yang notabene merupakan penerbang muda amatir minim pengalaman, namun memiliki tekad kuat untuk berjuang adalah salah satu pertimbangan dalam memilih nama-nama aktor di film ini.

Para aktor millennial yang memerankan kadet-kadet ini juga disandingkan dengan aktor senior seperti Ario Bayu, Ibnu Jamil, dan Mike Lucock yang memerankan tokoh-tokoh berpengaruh pada zamannya.

Sementara itu, musisi Melly Goeslaw akan terlibat sebagai salah satu pengisi soundtrack film ini. Film KADET 1947 direncanakan untuk kembali memulai proses produksinya pada bulan Juni 2020 apabila kondisi memungkinkan.

Berikut ini daftar lengkap deretan pemain film KADET 1947:

1. Kevin Julio sebagai Mulyono
2. Baskara Mahendra sebagai Sutardjo Sigit
3. Ajil Ditto sebagai Suharnoko Harbani
4. Samo Rafael sebagai Bambang Saptoadji
5. Wafda Saifan sebagai Sutardjo
6. Fajar Nugra sebagai Kaput
7. Chicco Kurniawan sebagai Dulrachman
8. Andri Mashadi sebagai Agustinus Adisucipto
9. Ario Bayu sebagai Soekarno
10. Ibnu Jamil sebagai Halim Perdana Kusuma
11. Ramadan Al Rasyid sebagai Abdul Rahman Saleh
12. Mike Lucock sebagai Soerjadi Soerjadarma
13. Indra Pacique sebagai Soedirman
14. Hardi Fadhillah sebagai Kardi
15. Ernest Samudra sebagai Basyir Surya
16. Tatyana Akman sebagai Rosma
17. Lutesha sebagai Nila
18. Niken Anjani sebagai Rahayu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Film film indonesia
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top