Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Apakah Ibu Hamil Boleh Berpuasa di Tengah Pandemi Virus Corona?

Ada beberapa cara membersihkan makanan untuk mengurangi risiko Covid-19 dan aman untuk ibu hamil.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 17 April 2020  |  12:55 WIB
Ibu hamil - Antara
Ibu hamil - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak terasa, bulan Ramadhan akan segera tiba dalam hitungan minggu, di tengah pandemi seperti ini masyarakat tetap antusias menyambut tidak terkecuali ibu yang sedang hamil. Apakah boleh ibu hamil berpuasa?

Dr. Rosnah Pinontoan Spesialis Gizi dan Konselor Menyusui mengatakan bahwa sebenarnya ibu hamil tidak disarankan untuk berpuasa, tetapi bila ingin tetap berpuasa ada hal-hal yang harus diperhatikan.

“Sebaiknya jika ibu hamil ingin berpuasa, dibicarakan langsung dengan dokter kandungan dan dokter gizi. Pastinya puasa tidak boleh sampai mengganggu tumbuh kembang bayi,” katanya melalui sesi tanya jawab di forum Teman Bumil, Jumat (17/4/2020).

Dia menambahkan, apabila ibu hamil tetap ingin berpuasa maka asupan gizi pada saat makan sahur harus benar-benar diperhatikan. Secara umum makanan sahur yang dianjurkan tetap pola makan seimbang, lengkap, terdapat karbohidrat, protein, lemak dan sayur.

“Cuma ini jumlahnya cukup banyak, jika ibu hamil tidak bisa makan sekaligus banyak, hal ini tidak bisa dipaksakan karena nanti malah memicu sakit maag,” tuturnya.

Dia menambahkan, ada beberapa untuk cara membersihkan makanan untuk mengurangi risiko Covid-19 dan aman untuk ibu hamil. “Makanan yang harus matang ini penting, untuk bahan makanan mentah bisa dicuci dan dimasak saja. Sedangkan untuk makanan jadi, sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Selain itu, perhatikan cara penyimpanan makanan agar tidak rusak atau bas

Sebagai informasi, World Health Organization (WHO) menyatakan ibu hamil dinilai lebih rentan terpapar Covid-19 karena adanya perubahan pada tubuh dan sistem imunitas yang berpengaruh cukup signifikan akibat beberapa penyakit infeksi saluran pernafasan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hamil ibu hamil Virus Corona covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top