Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Tips Menabung di Tengah Pandemi

Jika Anda mencari cara untuk meningkatkan tabungan Anda selama ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 23 April 2020  |  18:45 WIB
Ilustrasi - Expertbeacon
Ilustrasi - Expertbeacon

Bisnis.com, JAKARTA -- Uang dapat menjadi topik yang menegangkan, terutama dalam hal situasi seperti saat ini, dengan ribuan pekerja yang cuti, menyesuaikan diri dengan bekerja dari rumah dan penutupan bisnis secara nasional.

Jika Anda mencari cara untuk meningkatkan tabungan Anda selama ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Menurut survei terhadap 2.000 orang dewasa yang dilakukan oleh situs perbandingan tabungan Raisin, 6,5 persen mengatakan mereka tidak memiliki tabungan apa pun dan 26 persen.

Dari survei, hampir satu dari lima dari mereka yang berusia 55 atau lebih (dalam atau mendekati usia pensiun) memiliki tabungan yang minim.

Membuat beberapa perubahan sederhana dapat meningkatkan tabungan Anda dan membuat Anda siap untuk masa depan. Dikutip dari express.co.uk, Kamis (23/4/2020), Kevin Mountford, salah satu pendiri Raisin.co.uk telah memberikan kiat utamanya tentang apa yang harus kita lakukan dengan keuangan kita selama COVID-19.

1. Transfer pengeluaran sehari-hari Anda ke rekening tabungan Anda

Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda pergi sebelum lockdown, mengapa tidak menyimpan jumlah yang akan Anda habiskan di rekening tabungan saat ini untuk mentransfer pengeluaran. Alih-alih masuk ke pola pikir bahwa Anda benar-benar memiliki lebih banyak uang, bertindaklah seolah-olah Anda telah bekerja, dan masukkan uang itu ke dalam tabungan Anda.

Pada saat lockdown nasional selesai, Anda akan memiliki sejumlah dana untuk perjalanan atau kegiatan pasca-pandemi. Hal yang sama dapat diterapkan untuk setiap pengeluaran untuk sosialisasi dan hiburan, meskipun ini adalah waktu yang sulit, cobalah untuk melakukan upaya sadar untuk mentransfer pengeluaran ini.

2.Minta bantuan sedini mungkin

Banyak masyarakat akan berada dalam posisi yang sama di mana mereka sedang cuti atau tidak dapat bekerja karena isolasi diri. Jika Anda berada di posisi ini, penting untuk mencari bantuan jika memungkinkan dan jangan menunggu terlalu lama untuk melakukannya. Jika Anda berada di posisi ini Anda mungkin dapat mencari bantuan.

3.Manfaatkan hipotek, sewa, dan liburan berbayar lainnya

Jika Anda kesulitan untuk memenuhi pembayaran utang, kartu kredit, dan pinjaman, pastikan Anda menghubungi bank sebelum Anda melewatkan pembayaran sehingga tidak mempengaruhi skor kredit Anda.

4.Sisihkan untuk tunjangan bekerja dari rumah

Jika sekarang Anda bekerja dari rumah, seperti halnya banyak orang di seluruh negara, Anda dapat mengklaim kembali sebagian biaya tambahan Anda dari atasan Anda. Meskipun jumlah kecil, ada baiknya menambah tagihan utilitas tambahan Anda yang merupakan hasil dari kita semua berada di rumah hingga sembilan jam ekstra per hari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tabungan Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top