Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Inisiatif Galang Donasi Virus Corona di Twitter

Salah satu media yang dipakai untuk menggalang donasi itu yakni di twitter dimana penggunanya mengakampanyekan penggalangan donasi tersebut
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 28 April 2020  |  08:54 WIB
Logo twitter - Antara
Logo twitter - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi virus corona saat ini, banyak aksi galang dana yang dilakukan untuk membantu mereka yang kurang mampu dan terdampak social distancing yang diberlakukan pemerintah.

Salah satu media yang dipakai untuk menggalang donasi itu yakni di twitter dimana penggunanya mengakampanyekan penggalangan donasi tersebut.

Berikut 4 inisiatif galang dana virus corona di twitter :

Inisiatif memberikan makanan dan sumbangan pengemudi online

Inisiatif yang bertujuan untuk membantu pengemudi  online ini muncul ketika pemerintah mulai menghimbau penerapan karantina mandiri dalam menghadapi pandemi COVID-19. Raden Rauf (@radenrauf) adalah satu satu yang menyuarakan dukungan terhadap inisiatif ini di Twitter. Dalam menyukseskan niat baik ini, Raden memanfaatkan Twitter untuk mengajak pengikutnya untuk berbagi berkah dan meringankan beban para pengemudi online.

Inisiatif membuat alat perlindungan diri (APD) tenaga kesehatan

Budhi Hermanto (@budhihermanto), salah satu pengguna Twitter asal D.I. Yogyakarta, berinisiatif  untuk menggandeng beberapa penjahit rumahan yang dinamakan sebagai Majelis Mau Jahit (@mamajahit) untuk membuat dan membagikan APD secara gratis kepada tenaga medis yang bertugas menangani pasien COVID-19. Awal keresahan Budi muncul ketika maraknya publikasi mengenai tenaga medis yang memakai jas hujan sebagai pengganti APD di daerah D.I Yogyakarta. Melalui Twitter, Budi mengajak sekaligus menginspirasi banyak orang untuk turut berkontribusi.  Aksi beliau mendapatkan banyak tanggapan positif dari pengguna Twitter di Indonesia.

Donasi bagi #IbuTunggal oleh komunitas Single Moms Indonesia (@singlemomsindo)

Pandemi COVID-19 dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk para #Ibutunggal yang menjadi tulang punggung keluarga. Sebuah akun support group, @singlemomsindo, yang diinisiasi oleh Maureen Hitipeuw (@MaureenHitipeuw) berkomitmen untuk mendukung ibu tunggal yang bekerja keras menghidupi keluarga mereka. @singlemomsindo menggalang dana untuk disalurkan kepada para ibu tunggal yang membutuhkan. Beberapa tokoh  perempuan; seperti konsultan keuangan Ligwina Hananto (@mrshananto) dan penulis Uly Siregar (@sheknowshoney), menyuarakan dukungannya bagi komunitas ini.

Bantuan bagi yang kehilangan pekerjaan 

Tidak terhitung lagi jumlah pegawai yang kehilangan pekerjaan mereka di tengah pandemi COVID-19. Salah satunya adalah suami dari Ibu Nyaujan (@ibuknyaujan). Ibu yang memiliki satu anak ini memutuskan untuk membantu menyokong keuangan keluarga dengan berjualan cireng. Dia juga menyebutkan varian yang dijual berikut foto makanannya. Dalam waktu lima hari,

Tweet ini sudah disukai oleh hampir 16.000 orang dan di-Retweet lebih dari 20.000 kali. Ibu Nyaujan (@ibuknyaujan) tidak menyangka Tweet-nya akan ditanggapi oleh banyak orang dan kebanjiran pesanan. Dia berterima kasih kepada para pengguna Twitter yang telah membantu dengan melakukan Retweet, menghaturkan


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

twitter donasi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top