Logo twitter/Antara
Relationship

4 Inisiatif Galang Donasi Virus Corona di Twitter

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 28 April 2020 - 08:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi virus corona saat ini, banyak aksi galang dana yang dilakukan untuk membantu mereka yang kurang mampu dan terdampak social distancing yang diberlakukan pemerintah.

Salah satu media yang dipakai untuk menggalang donasi itu yakni di twitter dimana penggunanya mengakampanyekan penggalangan donasi tersebut.

Berikut 4 inisiatif galang dana virus corona di twitter :

Inisiatif memberikan makanan dan sumbangan pengemudi online

Inisiatif yang bertujuan untuk membantu pengemudi  online ini muncul ketika pemerintah mulai menghimbau penerapan karantina mandiri dalam menghadapi pandemi COVID-19. Raden Rauf (@radenrauf) adalah satu satu yang menyuarakan dukungan terhadap inisiatif ini di Twitter. Dalam menyukseskan niat baik ini, Raden memanfaatkan Twitter untuk mengajak pengikutnya untuk berbagi berkah dan meringankan beban para pengemudi online.

Inisiatif membuat alat perlindungan diri (APD) tenaga kesehatan

Budhi Hermanto (@budhihermanto), salah satu pengguna Twitter asal D.I. Yogyakarta, berinisiatif  untuk menggandeng beberapa penjahit rumahan yang dinamakan sebagai Majelis Mau Jahit (@mamajahit) untuk membuat dan membagikan APD secara gratis kepada tenaga medis yang bertugas menangani pasien COVID-19. Awal keresahan Budi muncul ketika maraknya publikasi mengenai tenaga medis yang memakai jas hujan sebagai pengganti APD di daerah D.I Yogyakarta. Melalui Twitter, Budi mengajak sekaligus menginspirasi banyak orang untuk turut berkontribusi.  Aksi beliau mendapatkan banyak tanggapan positif dari pengguna Twitter di Indonesia.

Donasi bagi #IbuTunggal oleh komunitas Single Moms Indonesia (@singlemomsindo)

Pandemi COVID-19 dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk para #Ibutunggal yang menjadi tulang punggung keluarga. Sebuah akun support group, @singlemomsindo, yang diinisiasi oleh Maureen Hitipeuw (@MaureenHitipeuw) berkomitmen untuk mendukung ibu tunggal yang bekerja keras menghidupi keluarga mereka. @singlemomsindo menggalang dana untuk disalurkan kepada para ibu tunggal yang membutuhkan. Beberapa tokoh  perempuan; seperti konsultan keuangan Ligwina Hananto (@mrshananto) dan penulis Uly Siregar (@sheknowshoney), menyuarakan dukungannya bagi komunitas ini.

Bantuan bagi yang kehilangan pekerjaan 

Tidak terhitung lagi jumlah pegawai yang kehilangan pekerjaan mereka di tengah pandemi COVID-19. Salah satunya adalah suami dari Ibu Nyaujan (@ibuknyaujan). Ibu yang memiliki satu anak ini memutuskan untuk membantu menyokong keuangan keluarga dengan berjualan cireng. Dia juga menyebutkan varian yang dijual berikut foto makanannya. Dalam waktu lima hari,

Tweet ini sudah disukai oleh hampir 16.000 orang dan di-Retweet lebih dari 20.000 kali. Ibu Nyaujan (@ibuknyaujan) tidak menyangka Tweet-nya akan ditanggapi oleh banyak orang dan kebanjiran pesanan. Dia berterima kasih kepada para pengguna Twitter yang telah membantu dengan melakukan Retweet, menghaturkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro