Seorang warga sedang memasak nasi untuk 1.325 warga terdampak banjir di RW07, Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan, Sabtu (27/4/2019)./Antara
Kuliner

Cara Membersihkan Noda Hitam di Panci dan Wajan

Newswire
Selasa, 28 April 2020 - 00:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Noda hitam yang menjadi seperti kerak di bagian dalam wajan sebenarnya tak sulit, asalkan Anda tahu triknya. Alih-alih merendamnya dalam air sabun semalaman, biarkan cuka putih dan beberapa tambahan bahan mengangkat bagian yang hitam itu.

Sebelum Anda mulai membersihkan, periksa ulang bahan panci atau wajan Anda. Metode di yang akan dijelaskan nanti efektif pada stainless steel dan besi cor berenamel, bukan untuk yang wajan yang berbahan aluminium karena sifat logam ini reaktif.

Ada beberapa bahan yang Anda butuhkan, seperti disebut dalam laman Real Simple:

Cuka putih

Sudip atau spatula

Spons dengan scrubber (bagian kasar di satu sisinya)

Alat penggaruk panci

Soda kue

Cara membersihkannya:

  1. Isi panci dengan air hingga menutupi bagian yang mengerak lalu panaskan di atas kompor. Biarkan air mendidih selama beberapa menit, lalu matikan api dan gunakan spatula atau sendok dengan hati-hati untuk menghilangkan sisa-sisa yang terbakar (ambil spatula yang biasanya Anda gunakan dengan wajan sehingga Anda tahu itu tidak akan menggores permukaan).
  2. Cobalah dengan cuka: Jika cara pertama tak bekerja, Anda dapat mencoba teknik yang sama dengan cuka putih pada wajan berbahan stainless steel atau besi cor berenamel (lewati langkah ini jika Anda memiliki panci aluminium).
  3. Mengikis makanan yang tersangkut: Untuk menghilangkan noda makanan yang membandel, gunakan alat penggaruk wajan untuk mengikis noda. Namun alat penggaruk ini cenderung tidak akan efektif pada permukaan panci atau wajan berenamel.
  4. Sekarang gosok: Semoga langkah-langkah di atas telah membantu menghilangkan sebagian besar makanan dan arang, tetapi mungkin masih ada beberapa daerah berwarna cokelat.

Untuk wajan berbahan stainless steel dan besi cor enamel (bukan aluminium), campurkan baking soda dan air hangat lalu gunakan untuk menggosok noda.

Yang boleh dan tak boleh dilakukan:

  1. Rendam panci Anda setelah selesai memasak dalam air sabun hangat. Saat makan malam selesai dan tiba waktunya mencuci peralatan makan, wajan akan lebih mudah dibersihkan.
  2. Jangan menggosok dengan pisau karena bisa menggores bagian wajan.
  3. Perhatikan cara memasak. Untuk mencegah panci dan wajan yang terbakar di salah satu bagiannya selalu perhatikan apa yang Anda masak. Aduk masakan untuk memastikan makanan tidak lengket ke dasar panci, dan kecilkan api jika perlu.
  4. Jangan menunda-nunda. Coba bersihkan, atau setidaknya rendam, panci segera setelah menggunakannya Saat makanan yang dimasak menjadi dingin, panci menjadi lebih sulit untuk dihilangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro