Ilustrasi vaksin virus corona/istimewa
Health

Hasil di Laboratorium Positif, Pengembangan Vaksin Corona Tinggal Selangkah Lagi

Syaiful Millah
Rabu, 29 April 2020 - 15:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Virus corona baru yang menyebabkan pandemi adalah penyakit menular yang telah menginfeksi lebih dari tiga juta orang di seluruh dunia. Para ilmuwan saat ini telah membuat terobosan besar dalam pengembangan vaksin.

Ilmuwan dari University of Oxford Inggris telah mengungkapkan bahwa jutaan dosis vaksin mereka dapat tersedia mulai tahun ini. sebuah kabar yang positif dan menjadi harapan banyak pihak untuk memberantas virus corona.

Dalam penggunaan pengobatan dari Oxford untuk uji coba lebih lanjut, para peneliti Amerika Serikat telah menggunakan pengobatan itu pada enam monyet yang terinfeksi virus corona baru.

Sebelum para ilmuwan menggunakan pengobatan baru ini, semua monyet dalam tes terus mengalami gejala yang semakin parah.

Namun, setelah menggunakan vaksin dari Oxford sebulan yang lalu, keenam monyet tersebut tetap dalam kondisi sehat hingga saat ini. Hasilnya memberikan dorongan yang menjanjikan terhadap kerja keras pengembangan vaksin virus corona.

Para peneliti telah memasuki tahapan berikutnya dari penelitian di belakang kesuksesan uji coba di Amerika Serikat, dengan monyet yang dikatakan sebagai kandidat ideal untuk mengetes keamanan dan keefektifan vaksin.

Vincent Munster, peneliti dari National Institute of Health Montana menyatakan bahwa monyet rhesus merupakan hewan yang paling mirip dengan manusia. Dia berharap bisa mempublikasikan hasil studinya dalam waktu dekat.

Sementara itu di Inggris, para ilmuwan Oxford juga telah menjadwalkan uji klinis untuk pengetesan vaksin mereka pada manusia. Hasil uji coba manusia tersebut diharapkan sudah keluar pada September mendatang.

Menurut para ilmuwan, mereka sudah mengantisipasi adanya pandemi global sehingga telah menyiapkan obat atau vaksin. Mereka menciptakan virus simpanse yang direkayasa genetika yang merupakan mayoritas dari vaksin yang sedang dikembangkan.

Para ilmuwan hanya perlu menyesuaikan formula mereka untuk penanganan virus corona baru dan melakukan uji coba eksperimental, yang saat ini sedang berlangsung.

Oleh sebab itu, mereka optimistis bahwa vaksin Covid-19 bisa segera tersedia. Terlebih, pemerintah Inggris telah menyatakan kesiapan untuk mendukung proses manufaktur dan produksi vaksin dalam jumlah besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro