Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menyikat Gigi Bisa Mencegah Virus Corona

Karena virus ini paling umum disebarkan oleh saliva dan tetesan cairan dari mulut, ini dapat membantu membunuh kuman sebelum mereka memiliki kesempatan untuk melanjutkan penyebaran virusnya.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 30 April 2020  |  14:25 WIB
Ilustrasi - Imgbuddy
Ilustrasi - Imgbuddy

Bisnis.com, JAKARTA - Menyikat gigi bisa membantu mencegah penyebaran virus corona, kata seorang dokter gigi terkemuka. Kebanyakan pasta gigi mengandung deterjen yang sama dengan gel tangan antibakteri.

Karena virus ini paling umum disebarkan oleh saliva dan tetesan cairan dari mulut, ini dapat membantu membunuh kuman sebelum mereka memiliki kesempatan untuk melanjutkan penyebaran virusnya.

Prof Martin Addy, professor emeritus kedokteran gigi di the University of Bristol, merekomendasikan agar petugas kesehatan di garis depan pandemi menyikat gigi mereka sebelum mengenakan alat pelindung diri (APD).

“Dari pengetahuan saya sendiri dan mendengarkan para ahli, sumber utama tetesan berasal dari air liur. Karena itu saya agak terkejut bahwa profesi kedokteran gigi belum mempromosikan kebersihan mulut, melalui menyikat gigi dengan pasta gigi, dalam pendekatan pencegahan terhadap Covid-19,” ujar Prof Martin Addy, professor emeritus kedokteran gigi di the University of Bristol, dikutip Metro.co.uk, Kamis (30/4/2020).

Mayoritas, jika tidak semua pasta gigi, mengandung deterjen, yang memberikan sifat antimikroba yang signifikan pada produk.

“Memang, deterjen yang sama ada dalam banyak formulasi cuci tangan, direkomendasikan untuk melawan virus corona.’ British Dental Association setuju bahwa mungkin ada manfaatnya menyikat gigi sebelum pergi ke luar untuk berolahraga setiap hari atau ke toko-toko.

Penasihat ilmiah Prof Damien Walmsley berkomentar bahwa tujuan menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride adalah untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi.

“Mengingat pentingnya kebersihan yang baik untuk mengurangi risiko penyebaran atau memperoleh Covid-19, mungkin ada manfaat untuk menyikat gigi sebelum pergi berbelanja, dan juga untuk petugas kesehatan sebelum mengenakan APD mereka, seperti yang disarankan oleh Prof Addy.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona sikat gigi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top