Ilustrasi/Redbookmag
Relationship

Lowongan yang Mungkin Tersedia Selama Pandemi

Krizia Putri Kinanti
Kamis, 30 April 2020 - 14:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pandemi virus corona membuat keadaan semakin sulit, terlebih bagi masyarakat yang belum memiliki pekerjaan atau diputus dari pekerjaannya. Lalu, pekerjaan apa yang tersedia selama pandemi ini?

Anita Kalra, Managing Director di firma hukum ketenagakerjaan KLG, mengatakan banyak industri melihat "peningkatan permintaan" selama pandemi. "Sementara beberapa industri telah terhenti, ada banyak industri yang telah melihat peningkatan permintaan untuk fresh graduate sebagai akibat langsung dari krisis.

Salah satu contohnya adalah industri kesehatan, di mana telah ada dorongan rekrutmen untuk dokter, perawat, staf pendukung dan penangan panggilan. Contoh-contoh peran lain yang mungkin tersedia termasuk; kurir, pekerja supermarket, pegawai negeri, pemetik buah, penangan panggilan untuk layanan cepat tanggap,” ujarnya dikutip dari express.co.uk, Kamis (30/4/2020).

Perusahaan belajar online juga sangat sibuk karena anak-anak masih sekolah dan orang tua khawatir apakah mereka mendapatkan waktu belajar yang cukup, terutama sekarang anak-anak tidak bersekolah."Zoom, tim Microsoft dan perusahaan lain yang menyediakan layanan serupa sedang merekrut saat ini."

Bersama dengan industri lain, perusahaan yang bekerja di sektor produksi makanan telah melakukan rekrutmen dalam beberapa minggu terakhir.

David Stone, CEO dan pendiri MRL Consulting Group, memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman dalam perekrutan, dan mengatakan "hal nomor satu" yang dapat Anda lakukan ketika mencari pekerjaan baru adalah "berhubungan dengan perekrut spesialis".

"Jika Anda mencari pekerjaan baru, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungi perekrut spesialis, yang mengetahui sektor Anda. Bujuk mereka, pastikan mereka bagus, dan kemudian kembangkan hubungan dengan mereka. Perusahaan saya mengisi peran di sektor teknologi tinggi yang sangat khusus dan banyak klien kami yang masih bekerja.”

Perekrut yang baik dapat mengakses sejumlah besar perusahaan dan lowongan dengan cepat dan efisien. Tidak dapat disangkal bahwa ini adalah pasar yang sulit saat ini, jadi pastikan CV dan LinkedIn Anda siap untuk digunakan, dan gunakan yang terakhir untuk membangun jaringan dan menemukan peluang.

Cobalah untuk mendapatkan rekomendasi dan referensi dari kolega dan pengusaha sebelumnya, terlibat dengan orang-orang dan membiasakan diri dengan wawancara video sehingga Anda siap untuk setiap peluang yang muncul.

"Tetap positif dan jangan pernah menyerah - jika tidak ada lagi ini akan menempatkan Anda pada posisi terbaik saat pandemi berlalu."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro