Anak sedang memegang gadget
Health

Platform Online Berbasis Game Ini Tawarkan Alternatif Belajar untuk Anak Usia Paud

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 2 Mei 2020 - 09:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi Virus Corona seperti ini, pembelajaran berbasis online atau daring menjadi alternatif dan jawaban atas kekhawatiran para pendidik PAUD maupun orang tua siswa.

Salah satunya ICANDO-Aplikasi Pendidikan Anak sebagai alternatif belajar online untuk anak usia dini di tengah maraknya Virus Corona (Covid-19).

Syaiful Lokan selaku Pendiri dan Direktur Utama ICANDO menyatakan dukungannya untuk menyediakan platform online berbasis game sebagai alternatif kegiatan belajar mengajar di rumah bagi anak usia dini.

Dari seluruh tingkatan pendidikan, bisa dikatakan tingkat dasar atau pendidikan usia dini yang mengalami tantangan paling berat. Hal ini dikarenakan masa-masa emas anak harus banyak dididik secara langsung dengan sentuhan pengajar.

Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada hari ini (2/5/20), ICANDO hadir dengan wajah baru. ICANDO merilis complete version-nya yang terintegrasi dengan ICANDO Guru dan ICANDO Orang Tua.

ICANDO yang dikembangkan berbasis Game-based Education sehingga cocok untuk anak usia dini ini bisa didapatkan secara gratis di Google Play Store. Konten di dalamnya berfokus untuk memperlengkapi anak dengan keterampilan membaca, menulis, berhitung, dan budi pekerti yang selaras dengan Kurikulum 2013 serta dikembangkan dengan teknologi terkini, seperti voice recognition dan hand-written recognition. ICANDO menjadikan belajar sebagai sesuatu yang menyenangkan dan tidak membebani anak-anak.

"Game dapat menjadi salah satu metode baru untuk mewujudkan suasana belajar yang bahagia bagi anak," tutur Syaiful Lokan dikutip dari siaran persnya.

Dengan berbasis game-based education, anak dapat belajar sekaligus bermain dengan perasaan bahagia. Selain itu, orang tua juga dapat memonitor perkembangan belajar anaknya dengan bantuan karakter interaktif yang ada di dalam Aplikasi, yaitu Pak Ken.

Sesuai dengan namanya, ICANDO merilis complete version-nya, tidak lengkap jika tidak mengenalkan kedua platform lainnya yang dirilis ICANDO. Syaiful Lokan bersama dengan Tim juga merilis Aplikasi ICANDO Guru, di sini para guru tidak akan kerepotan dan kewalahan lagi dalam mengurus administrasi sekolah. Dengan menggunakan ICANDO Guru, para pendidik tingkat dasar, khususnya PAUD dapat melakukan inovasi pembelajaran di kelas tanpa memikirkan kelengkapan administrasi sekolah.

Selain memerdekakan anak, kami juga berharap dapat memerdekakan para guru dalam menyusun administrasi sekolah sehingga kami merilis ICANDO Guru ini. tambah Malasari, Head of Curriculum Developer ICANDO.

Tak hanya sampai di situ saja, ICANDO juga merilis Aplikasi ICANDO Orang Tua. Di ICANDO Orang Tua, dapat memudahkan orang tua untuk memonitor perkembangan anaknya secara mudah dengan bantuan aplikasi ini.

Dengan hadirnya Aplikasi ICANDO Orang Tua ini, kami berharap dapat mengakomodasi terjadinya interaksi positif khususnya antara orang tua dan anak, Jelas Syaiful Lokan.

ICANDO dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro