Vihara Maha Vihara Sejahtera Maitreya yang merupakan Buddhist Centre di Kalimantan Timur./Gloria FK Lawi
Travel

Mengintip Filosofi Buddha di Vihara Sejahtera Maitreya

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Rabu, 6 Mei 2020 - 13:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jelang Tri Hari Suci Waisak, umat Buddha akan bertandang ke rumah ibadahnya yaitu vihara.

Tak disangka, Indonesia punya vihara dengan desain terbagus di Asia Tenggara. Tak hanya desain terbagus, filosofi vihara ini juga berbicara soal sosok Buddha di masa depan.

Vihara itu bernama Maha Vihara Sejahtera Maitreya yang merupakan Buddhist Centre di Kalimantan Timur. Bertempat di Kota Samarinda, Maha Vihara Maitreya awalnya berdiri pada 1978 di Jalan Yos Sudarso.

Kemudian, vihara ini pindah ke Jalan D.I. Panjaitan sejak 2016. Vihara ini mencatatkan luas area 1,3 hektare sehingga menjadi Buddhist Center atau pusat pembinaan umat Buddha.

Vihara Sejahtera Maitreya
Vihara Sejahtera Maitreya

Kata-kata kebijaksanaan dari Sang Buddha./Gloria FK Lawi

Penyematan nama Maitreya ini juga berasal dari filosofi Bodhisattva Maitreya yang artinya Buddha yang akan datang. Sang Buddha Maitreya kata sekretariat Buddhist Center di Samarinda memiliki ajaran "Dunia Satu Keluarga".

Artinya segenap makhluk yang ada di bumi adalah keluarga bagi satu dengan yang lain. Maka sudah hakikatnya semua makhluk di bumi saling menjaga alam, baik manusia, hewan, tanaman, hingga plankton.

Ada keistimewaan yang dihadirkan dalam bangunan ini yakni seluruh bagian luar dan dalam vihara dilapisi keramik marmer. Selain itu ada 3 patung pratima Buddha setinggi 3,9 meter yang didatangkan dari Taiwan.

Adapun marmer yang menjadi dinding vihara ini memang khusus didatangkan dari China. Sementara ukiran Buddha Maitreya dibuat dari batu ukir paras asal Bali.

Beberapa keunikan dari Maha Vihara Sejahtera Maitreya adalah memiliki restoran dan kafe vegetarian serta koperasi. Tujuannya untuk menjamin kebutuhan umat Buddha serta menjadi sumber pendanaan kegiatan keagamaan.

Selain Tri Suci Waisak, Vihara Maitreya juga vihara yang selalu ramai dikunjungi umat maupun wisatawan saat Imlek dan Mooncake Festival pada September mendatang.

Vihara Sejahtera Maitreya
Vihara Sejahtera Maitreya

Patung Buddha menyambut setiap pengunjung yang datang./Gloria FK Lawi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro