Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Festival Film Cannes Resmi Ditiadakan Tahun Ini

Sementara itu penyelenggara festival berencana untuk merilis daftar film hasil seleksi pada Juni 2020, berkolaborasi dengan sejumlah festival lainnya, termasuk Venesia, untuk menghadirkan beberapa film.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 11 Mei 2020  |  19:03 WIB
Festival Film Cannes
Festival Film Cannes

Bisnis.com, JAKARTA -- Variety mengonfirmasi bahwa Festival Film Cannes yang akan digelar pada musim gugur mendatang batal dilaksanakan.

Sementara itu penyelenggara festival berencana untuk merilis daftar film hasil seleksi pada Juni 2020, berkolaborasi dengan sejumlah festival lainnya, termasuk Venesia, untuk menghadirkan beberapa film.

"Sampai hari ini, acara secara fisik tampaknya rumit untuk dilaksanakan, jadi kami akan melanjutkan dengan pengumuman film dari seleksi resmi pertama pada awal Juni," kata juru bicara festival, seperti dikutip melalui Variety, Senin (11/5).

Pernyataan ini juga mengonfirmasi hal serupa yang dikatakan oleh Direktur Cannes Thierry Fremaux pada Minggu (10/5), kepada Screen Daily.

Mengesampingkan opsi penyelenggaraan secara virtual, juru bicara festival tersebut mengatakan bahwa penyelenggara akan memindahkan lokasi di luar Cannes, bekerja sama dengan festival film musim gugur lainnya.

Termasuk Festival Film Internasional Venesia yang sebelumnya dikabarkan telah melakukan perbincangan dengan pihak Cannes, serta beberapa bioskop.

Fremaux yang merupakan seorang suporter bisnis bioskop, telah berjanji untuk untuk membantu peserta festival untuk menarik kembali perhatian penonton bioskop pada musim gugur ini.

"Bioskop dan industrinya terancam. Kami harus membangunnya kembali, menegaskan kembali perannya dengan energi, persatuan dan solidaritas,” kata Fremaux kepada Variety pada bulan April.

Pada akhir pekan lalu, Fremaux mengatakan bahwa alih-alih mengungkap daftar lengkap film pilihan Cannes tahun ini, dia hanya akan merilis daftar film yang merupakan bagian dari hasil seleksi yang dijadwalkan akan dirilis di bioskop antara kini hingga musim semi tahun depan

Film-film ini akan diberi label 'Cannes 2020'. Adapun, proses pemilihan untuk festival tahun depan, akan dimulai pada musim gugur mendatang.

Di sisi lain, beberapa film yang dipilih untuk edisi tahun ini dan telah menunda rilisnya selama satu tahun akan dipertimbangkan untuk masuk pada daftar film edisi 2021.

Festival Film Cannes 2020 akan menayangkan film-film pilihannya pada festival-festival film seperti di Toronto, Deauville, Angoulême, San Sebastian, New York, Busan, dan festival Lumiere di Lyon.

Sementara itu, Cannes Marché du Film atau Cannes Film Market akan tetap berlangsung secara virtual pada 22-26 Juni, bersamaan dengan American Film Market.

Nasib penyelenggaraan Festival Film Venesia akan ditentukan pada akhir bulan ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Film festival film cannes
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top