Surat keterangan sehat dijual bebas di e-commerce./istimewa
Health

Astaga! Surat Sehat Bebas Virus Corona Dijual di e-Commerce

Novita Sari Simamora
Kamis, 14 Mei 2020 - 16:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejak pemerintah memberlakukan surat keterangan sehat bebas virus corona (Covid-19) bagi pihak yang ingin bepergian, ada saja ide masyarakat untuk merekaya surat tersebut.

Kini surat tersebut diperdagangkan bebas di e-commerce di Indonesia. Harga yang dipatok juga terbilang murah dan tidak perlu melalui tes kesehatan.

Dari penelusuran Bisnis.com, surat sehat bebas Corona (Covid-19) dijual dengan nilai Rp70.000 dari aplikasi belanja online di Indonesia.

Adapun surat keterangan sehat tersebut juga menjadi syarat penting untuk menggunakan naik pesawat.

Dalam situs maskapai, setiap penumpang yang akan melakukan penerbangan wajib mematuhi ketentuan protokol kesehatan terkait Covid-19 dengan menggunakan masker selama di bandara dan di dalam pesawat, serta menjaga jarak secara fisik (physical distancing). Ketika berada di check-in counter, penumpang wajib menunjukkan surat keterangan sehat.

Maskapai mewajibkan setiap penumpang membawa surat keterangan sehat bebas dari Covid-19 yang diperoleh dari dokter rumah sakit, puskesmas, atau klinik setelah menjalani rangkaian pemeriksaan termasuk tes cepat (rapid test) atau tes usap tenggorokan (PCR/swab test) dengan hasil non reaktif/negative pada periode maksimum 7 hari sebelum keberangkatan.

Saat Bisnis menghubungi nomor yang tertera pada tangkapan layar surat keterangan bebas virus Corona (Covid-19), didapati nomor tersebut dalam kondisi tidak aktif. Kemudian, tim Bisnis mengirimi pesan melalui Whatsapp dan pesan yang terkirim hanya centang satu.

surat keterangan sehat bebas covid
surat keterangan sehat bebas covid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro