Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gandeng Ariel Tatum Atasi Kesehatan Mental, Instagram Buat Kampanye #REALTALK

Untuk mengatasi rasa kesepian dan stres, maka Instagram melakukan kolaborasi untuk menghibur masyarakat.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 19 Mei 2020  |  14:19 WIB
Pandemi virus Corona bisa memicu cemas dan stres bagi masyarakat, selama masa PSBB. - Mirror.co.uk
Pandemi virus Corona bisa memicu cemas dan stres bagi masyarakat, selama masa PSBB. - Mirror.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Platform berbagi foto dan video, Instagram meluncurkan Kampanye #REALTALK untuk memerangi isu perundungan dan kesehatan mental di tengah perkembangan pandemi virus corona atau Covid-19 saat ini.

Kesehatan fisik dan mental memang menjadi hal yang sangat esensial di tengah kondisi ini. Masyarakat juga harus beradaptasi dengan kehidupan baru dengan menjalani sebagian besar rutinitas di rumah.

Alhasil platform online kini lebih banyak diakses untuk mengisi waktu di rumah. Namun kerap kali pengguna dihadapkan dengan rasa kesepian, cemas, stres, khawatir dengan interaksi negatif dari sesama warganet.

Oleh karena itu, Instagram meluncurkan kampanye #REALTALK dan serangkaian fitur baru untuk mendorong lebih banyak lagi interaksi positif pada platform tersebut, terutama di kalangan anak-anak muda.

"Tujuan kampanye #REALTALK memudahkan pengguna Instagram menemukan konten pakar, organisasi, komunitas yang berusaha membangun kesadaran masyarakat terhadap kesehatan mental," ujar Manager Komunikasi Instagram Asia Pasifik, Putri Silalahi saat menggelar konferensi pers secara online, Selasa (19/5/2020).

Putri menerangkan kampanye #REALTALK bekerja sama dengan Sudah Dong, komunitas Anti-Bullying; Riliv, aplikasi kesehatan mental, dan aktris Ariel Tatum. Mereka berharap bisa mendorong anak muda untuk lebih berani tampil menjadi dirinya sendiri, sehingga mereka bisa bangkit dari bullying dan tidak malu lagi mencari bantuan profesional saat membutuhkan bantuan untuk menjaga kesehatan mentalnya.

"Kampanye #REALTALK bersama Riliv mematahkan stigma yang ada. Kita berbondong-bondong ayo bangun kesadaran diri bahwa kesehatan mental dan fisik sama pentingnya. Orang-orang punya kesempatan bahagia, bereksrpresi yang sama," sebut Ariel.

Berikut beberapa kegiatan yang diluncurkan oleh Instagram dan para mitra melalui kampanye

#REALTALK:

1. Booklet Anti-Bullying

Instagram dan Sudah Dong bekerja sama untuk membantu mencegah terjadinya peningkatan kasus cyberbullying di kalangan anak muda yang dapat disebabkan oleh meningkatnya penggunaan platform online saat ini. 

Bersama dengan Sudah Dong, Instagram meluncurkan booklet anti-bullying bernama #REALTALK yang dirancang sebagai sumber informasi untuk membantu anak muda membangun interaksi positif baik online maupun offline. Booklet #REALTALK sudah bisa diakses di situs sudahdong.com/realtalkbooklet

2. 5 Seri IGTV

Instagram akan bekerja sama dengan Riliv dan Ariel Tatum untuk mematahkan stigma negatif kesehatan mental yang ada di kalangan masyarakat Indonesia. Mitra psikolog Riliv dan Ariel Tatum akan membuat lima seri video IGTV yang akan membahas hal-hal seputar kesehatan

mental dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak muda. Selain itu, Riliv juga meluncurkan audio meditasi berjudul ‘Mengatasi Bullying’ sebagai bentuk adaptasi booklet #REALTALK.

3. Guides

Instagram juga meluncurkan fitur khusus bernama Guides, yang berisi kumpulan konten menenangkan terkait kesehatan mental, cara menjaga pikiran positif, anti-bullying dan berbagai konten positif lainnya yang bisa menyemangati para pengguna melalui masa krisis ini. 

Sebagai tahap awal, Instagram bekerja sama dengan beberapa organisasi kredibel dan konten kreator untuk membantu melakukan kurasi konten inspiratif di Guides. Di Indonesia, tab Guides sudah dapat dilihat di profil Instagram @sudahdong dan @arieltatum. 

Semua konten kampanye #REALTALK yang dibuat oleh Sudah Dong, Riliv dan Ariel Tatum nantinya juga akan disimpan di salah satu Guides yang ada di profil @sudahdong dan @arieltatum untuk memudahkan pengguna menemukan konten tersebut. Dalam beberapa waktu ke depan, kumpulan konten Guides juga akan muncul di bagian tab Eksplor.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

instagram stres Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top