Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sajian Lebaran Tak Aman untuk Penderita Maag? Ini Menu Alternatifnya

Menu masakan untuk Hari Raya Lebaran selalu identik dengan makanan bersantan, pedas, asam, dan berlemak. Padahal semua jenis makanan itu termasuk pantangan bagi penderita maag atai GERD.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 24 Mei 2020  |  09:23 WIB
Rendang, menu khas Lebaran yang gurih dan kaya rempah - Antara
Rendang, menu khas Lebaran yang gurih dan kaya rempah - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menu masakan untuk Hari Raya Lebaran selalu identik dengan makanan bersantan, pedas, asam, dan berlemak. Padahal semua jenis makanan itu termasuk pantangan bagi penderita maag atai GERD.

Sebutlah beberapa jenis masakan khas untuk Lebaran misalnya opor ayam, semur ayam, lontong sayur, rendang, dan sambal goreng ati. Berdasarkan dari bahan baku dan metode pembuatannya, makanan Lebaran ini bersantan dan berlemak tinggi. Selain itu, makanan pedas dan asam juga termasuk makanan yang perlu dihindari karena dapat menaikkan asam lambung dan membuat perut perih.

Lantas, apa saja menu lebaran yang aman bagi asam lambung?

1. Semur ayam

Semur ayam bisa menjadi salah satu menu lebaran yang aman bagi maag Anda. Semur ayam memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Ayam mengandung lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi. Jadi orang yang mempunyai maag dibolehkan makan ayam asalkan tanpa kulitnya.

Ayam termasuk sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, ia juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan juga B1. Namun jangan lupa, hindari penggunaan merica dalam semur ayam agar tidak mengiritasi lambung.

2. Sayur Sop

Sayur sop dibuat dengan berbagai campuran sayur seperti kentang, wortel, buncis, seledri, dan tomat.

Anda juga bisa menambahkan suwiran dan potongan ayam ke dalamnya. Berbagai sayuran ini mengandung vitamin, mineral, serta serat yang dapat menyehatkan tubuh dan sistem pencernaan. Selain itu kombinasi sayuran ini juga dapat membantu mencegah sembelit yang biasanya terjadi saat kerja usus terganggu.

3. Rolade tahu

Umumnya olahan rolade terdiri dari daging sapi dan daging ayam, maka kali ini Anda bisa membuat rolade tahu. Tahu merupakan sumber protein nabati yang menyehatkan untuk pengidap maag yang mengandung isoflavon. Isoflavon dikenal memiliki manfaat untuk mencegah penyakit tulang dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Untuk itu, mengkreasikan tahu sebagai menu Lebaran bisa menjadi ide menarik yang sudah pasti menyehatkan. Guna menjaga nutrisinya, gorenglah rolade tahu dengan minyak sehat seperti minyak zaitun. Cara lain yang lebih sehat dengan mengukusnya dalam panci. Agar tampilan lebih menarik dan nutrisinya lebih banyak, Anda bisa menambahkan serat ke dalam adonan dari berbagai jenis sayuran seperti bayam, wortel, dan juga labu siam.

4. Ikan kakap kuah kuning

Masakan ikan kakap kuah kuning bisa Anda jadikan lauk pengganti opor ayam. Dibandingkan dengan opor yang banyak mengandung santan, ikan kakap kuah kuning memiliki manfaat untuk kesehatan dari ikan dan rempah yang digunakan. Anda bisa menggunakan ikan kakap merah karena mengandung berbagai protein, mineral, dan vitamin, dan juga asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 bermanfaat mengurangi penumpukan lemak di hati, mencegah demensia, dan mengurangi peradangan pada sel yang bisa menjadi penyebab penyakit kanker hingga jantung.

Selain dari ikan, Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari rempah yang digunakan. Kunyit yang digunakan berkhasiat sebagai antioksidan, antiradang, dan memperlambat penuaan.

5. Sup jagung

Sup jagung bisa menjadi cemilan aat Anda malas untuk makan makanan berat. Jagung mengandung banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan tubuh seperti folat, vitamin B6, niacin, kalium, dan vitamin B5. Tak hanya itu, antioksidan di dalam jagung berguna untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Selain jagung, Anda bisa menambahkan suwiran ayam ataupun jamur yang dapat menambah nutrisi dan kelezatan.

Sekarang, Anda tak perlu khawatir lagi menyantap menu Lebaran sehat tanpa harus sakit maag. Selamat Idulfitri dan tetap jaga kesehatan ya!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan makanan lebaran
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top