Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berhasil di Tikus, Thailand Lakukan Uji Coba Vaksin Covid-19 ke Monyet

Para peneliti di Thailand menyampaikan vaksin virus corona (Covid-19) tengah berjalan dengan baik.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 24 Mei 2020  |  19:40 WIB
Ilustrasi vaksin virus corona - istimewa
Ilustrasi vaksin virus corona - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Virus corona yang telah menyebar ke berbagai belahan dunia dan menyebabkan jutaan infeksi, membuat para ahli medis dan peneliti dari seluruh dunia secara intensif mengembangkan vaksin dan menguji obat yang ada untuk melawan virus tersebut.

Pada Sabtu (23/5), Thailand mulai menguji vaksin virus corona pada monyet, setelah percobaan positif pada tikus dilaporkan pada pekan lalu.

Melansir timesnownews.com, Minggu (24/5/2020), Menteri Pendidikan Tinggi Thailand, Sains, dan Penelitian dan Inovasi Suvit Maesincee mengatakan para peneliti telah mengalihkan uji vaksin kepada monyet dan diharapkan dapat memberikan hasil yang pasti mengenai keefektifannya pada September ini.

"Proyek ini adalah untuk umat manusia, bukan hanya orang Thailand. Perdana Menteri [Prayuth Chan-ocha] telah menguraikan kebijakan, yaitu kami harus mengembangkan vaksin dan bergabung dengan tenaga kerja komunitas dunia dalam hal ini," kata Suvit.

Pada Rabu lalu, Thailand mengumumkan bahwa mereka tengah mengembangkan vaksin. Para peneliti di Thailand percaya bahwa jika semuanya berjalan dengan baik, vaksin harus siap tahun depan.

Sebagai gambaran, ada lebih dari seratus vaksin sedang dikembangkan di seluruh dunia, 10 di antaranya masih dalam tahap uji coba manusia.

Thailand juga telah mulai memesan dua pabrik untuk memproduksi vaksin Covid-19. Vaksin Thailand menggunakan messenger RNA, yang memberi sinyal pada tubuh untuk memproduksi antigen, molekul di permukaan virus, yang memacu sistem kekebalan tubuh agar vaksinnya bekerja.

Vaksin tersebut tengah dikembangkan oleh National Vaksin Institute, Departemen Ilmu Kedokteran dan Pusat Penelitian Vaksin Universitas Chulalongkorn.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksin Virus Corona covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top