Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini 3 Cara Mencintai Diri Sendiri

Mencinta diri sendiri akan membuat kesehatan tubuh dan mental semakin berkualitas. Penerimaan diri sendiri juga menjadi bagian penting.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 26 Mei 2020  |  16:52 WIB
Ilustrasi - Dailymail
Ilustrasi - Dailymail

Bisnis.com, JAKARTA - Mencintai diri sendiri adalah hal yang paling penting dilakukan sebelum memberikan cinta kepada orang lain.

Banyak nasihat yang populer menunjukkan bahwa setiap manusia harus belajar untuk mencintai diri sendiri. Itu saran yang bagus, tetapi bagaimana cara untuk melakukannya?

Ini tidak begitu sederhana: Kita sering percaya bahwa kita memang mencintai diri kita sendiri, namun tindakan dan reaksi kita menunjukkan sebaliknya.

Mencintai diri sendiri sangat penting untuk pertumbuhan pribadi Anda, untuk pemenuhan impian Anda, dan untuk mengembangkan hubungan yang sehat dan bahagia dengan orang lain. Dikutip dari Psychology Today, ikuti tiga langkah praktis berikut:

1. Peduli sebanyak mungkin tentang diri Anda seperti orang lain.

Kedengarannya sederhana, tetapi banyak dari kita tidak melakukan ini karena kita berpikir kita egois atau kebutuhan kita sendiri tidak penting.

Belas kasihan untuk diri sendiri berarti menunjukkan kepedulian terhadap perasaan Anda sendiri serta orang lain. Perlakukan diri Anda seperti Anda memperlakukan anak-anak atau sahabat Anda — dengan kelembutan, perhatian, dan kepedulian.  

2. Pertahankan batas Anda.

Tuliskan daftar hal-hal yang Anda butuhkan secara emosional, hal-hal yang penting bagi Anda dan yang membuat Anda sedih atau sakit hati ketika mereka diabaikan atau dilanggar. Itu dapat termasuk didengarkan; mendapatkan simpati saat Anda terluka; dirayakan ketika Anda berhasil; menerima cinta dan kelembutan tanpa memintanya; dirawat; dan mengetahui Anda bisa mengandalkan seseorang.

Apapun yang penting bagi Anda adalah penting. Dan ketika seseorang mengabaikan apa yang penting bagi Anda atau melewati batas Anda, Anda akan tahu — karena itu menyakitkan. Jangan abaikan itu. Perasaan Anda ada di sana untuk memberitahu Anda apa yang benar dan apa yang salah. Biarkan orang tahu apa batasan Anda dan apa yang Anda inginkan dan tidak akan toleransi.

Jika mereka meminta maaf, Anda dapat memaafkan mereka. Jika mereka tidak, atau terus mengabaikan batasan dan kebutuhan Anda, Anda perlu membuat konsekuensi. Misalnya, jika Anda memberi tahu pasangan Anda bahwa Anda membutuhkan dia untuk mendengarkan Anda dan mengakui perasaan Anda ketika berbicara tentang sesuatu, tetapi dia terus-menerus mengabaikan Anda.

Anda harus merespons dengan tindakan yang sesuai, seperti menemukan orang lain untuk curhat. Anda mungkin juga perlu mempertimbangkan kembali hubungan tersebut. Hubungan dimaksudkan sebagai jalan dua arah dan Anda harus mendapatkan kebutuhan Anda akan cinta, penerimaan, dan rasa hormat yang terpenuhi sama seperti orang lain.

Bersikap tegas dan mengambil tindakan untuk memenuhi kebutuhan Anda sendiri akan membangun harga diri Anda karena itu akan memperkuat kepercayaan, pada diri Anda sendiri dan orang lain, bahwa Anda layak dicintai dan dihargai.

3. Lakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk menjadi Anda.

Pertama, cari tahu apa yang membuat Anda merasa baik. Tidak masalah apa itu, tetapi sadarilah bagaimana perasaan Anda ketika Anda melakukan sesuatu. Apakah Anda merasa lelah di tempat kerja, tetapi gembira ketika berada di taman?

Apakah Anda merasa senang membaca untuk anak-anak Anda? Terpenuhi saat Anda menulis puisi atau menjadi sukarelawan? Cari tahu apa yang membuat Anda merasa baik dan lakukan itu, sesering mungkin. Merasa baik adalah semua izin yang Anda butuhkan untuk melakukan apa yang Anda sukai. Dan semakin Anda melakukan hal-hal itu, Anda akan semakin bahagia. Jika itu berarti Anda harus melepaskan sesuatu yang lain, maka jadilah itu.

 Mungkin Anda perlu menghabiskan lebih banyak waktu sendiri atau menjadwalkan satu jam setiap akhir pekan untuk mengunjungi galeri seni untuk mengisi ulang. Mungkin Anda perlu menghemat uang untuk membeli cat dan kuas, atau meminta keluarga Anda untuk menjaga diri selama beberapa jam sambil berjalan-jalan yang menghilangkan stres.

Mungkin Anda perlu bergabung dengan klub untuk bertemu orang-orang yang berpikiran sama yang menginspirasi Anda.

Lakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk menjadi Anda dan jangan biarkan siapa pun menyalahkan Anda, mengkritik Anda atau mengeluarkan Anda darinya karena mereka mengira Anda egois, konyol, atau delusi. Abaikan mereka. Anda akan merasa lebih baik, Anda akan dapat benar-benar berada di sana untuk orang lain — dan Anda akan lebih menyukai diri sendiri. Anda bahkan mungkin mencintai diri sendiri.

 

 Semua hal ini dapat membantu Anda mengembangkan rasa pencapaian, rasa bangga pada apa yang Anda lakukan dan siapa diri Anda, dan kesadaran bahwa Anda adalah orang yang berharga, berbakat, mampu, dan dicintai yang pantas untuk dicintai. Dan orang yang paling penting untuk dipercayai adalah Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cinta tips bahagia
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top