Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

JK Rowling Rilis Buku Cerita Anak Berjudul 'The Ickabog'

Royalti yang diterima JK Rowling akan disalurkan kepada proyek-proyek sosial yang bekerja untuk membantu kelompok masyarakat yang terdampak oleh pandemi virus corona.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 27 Mei 2020  |  14:03 WIB
JK Rowling - Reuters
JK Rowling - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - JK Rowling akan menerbitkan buku anak-anak baru, sebuah dongeng tentang kebenaran dan penyalahgunaan kekuasaan yang telah disimpannya selama bertahun-tahun.

Penulis buku Harry Potter ini mengumumkan bahwa dia akan merilis cerita dongeng ini dalam bentuk serial dan tersedia secara online, sehingga anak-anak yang berada di dalam kondisi lockdown dapat lebih dulu membacanya secara gratis sebelum dirilis dalam bentuk buku, ebook, dan buku audio pada November.

Dilansir melalui Guardian, royalti yang diterima Rowling akan disalurkan kepada proyek-proyek sosial yang bekerja untuk membantu kelompok masyarakat yang terdampak oleh pandemi.

Rowling menggambarkan ide tentang dongeng 'The Ickabog' muncul lebih dari satu dekade yang lalu, jadi dia menekankan cerita itu tidak dimaksudkan untuk dibaca sebagai respons terhadap apa pun yang terjadi di dunia saat ini.

"Tema-tema ini tidak lekang oleh waktu dan dapat diterapkan pada era atau negara mana pun," tegas Rowling, yang cukup kritis terhadap kondisi pemerintahan Inggris beberapa waktu belakangan, seperti dikutip melalui Guardian, Rabu (27/5).

Pada 2009, Rowling sempat menyinggung tentang cerita yang sedang ditulisnya dan digambarkannya sebagai dongeng politik untuk anak-anak yang sedikit lebih muda.

Novelis itu berkata bahwa dia menulis The Ickabog di antara waktu menulis buku-buku Harry Potter, dan awalnya berencana untuk menerbitkannya setelah buku terakhir dalam seri, Harry Potter dan Relikui Kematian.

Namun kenyataannya, dia menulis novel dewasa termasuk 'The Casual Vacancy' dan 'The Cuckoo's Calling' dengan nama samarannya Robert Galbraith.

Dia mengatakan memutuskan untuk menjauh dari buku anak-anak untuk sementara waktu, dan menyimpan draf pertama The Ickabog.

Gagasan untuk merilis dongeng ini secara online disambut dengan antusias tidak hanya oleh penggemar karya Rowling, bahkan anak-anak remajanya pun merasakan momen nostalgia dengan membaca dongeng.

"Sesaat setelah cerita ini saya buka kembali, selama beberapa pekan terakhir saya tenggelam dalam dunia fiksi, yang saya pikir tidak akan pernah dikunjungi lagi," katanya.

Di samping merilis 'The Ickabog' secara gratis, Rowling juga mengadakan sayembara ilustrasi untuk edisi cetak yang akan terbit November mendatang. Karya terbaik nantinya akan dijadikan ilustrasi untuk setiap bab dari buku tersebut.

“Saya ingin melihat imajinasi menjadi liar! Kreativitas, daya cipta dan upaya adalah hal yang paling penting: kami tidak mencari keterampilan yang teknis," tulisnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona JK Rowling
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top