Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

10 Tips Tidur Untuk Bayi 6 Bulan

Kesabaran dalam merawat dan menidurkan bayi menjadi penting bagi setiap orangtua.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 27 Mei 2020  |  09:18 WIB
Seorang ibu menyusui bayinya. - Istimewa
Seorang ibu menyusui bayinya. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Enam bulan pertama kehidupan bayi bisa sangat luar biasa, terutama pada saat mereka tidur.

Beberapa memiliki bayi dengan refluks atau kolik, sementara yang lain memiliki tidur kecil yang menakjubkan tetapi tidak mengetahuinya karena ibu lain mengatakan kepada mereka bahwa bayi mereka tidur sepanjang malam pada usia 2 bulan.

Dikutip dari Mother.ly, Rabu (27/5/2020), berikut beberapa tips utama untuk para ibu di tahap awal itu:

1. Sadarilah bahwa Anda yang paling mengenal bayi Anda

Walaupun mungkin Anda tergoda untuk mendengarkan apa yang orang lain sarankan tentang bagaimana membuat bayi tidur atau berapa lama mereka harus tidur, cobalah untuk mempercayai insting Anda sendiri.

Semakin Anda stres tentang 'tidak melakukan hal yang benar' karena Anda membaca artikel tentang tidur bayi atau mendengarkan ibu-ibu lain di grup Facebook, semakin anda menyita kesenangan dari waktu yang harusnya anda miliki dengan bayi Anda.

Ahli tidur, James McKenna mengatakan, "Lakukan apa yang berhasil untuk keluarga Anda dan percayalah pada diri Anda sendiri untuk mengenal bayi Anda lebih baik daripada otoritas eksternal mana pun. Anda menghabiskan waktu paling banyak dengan bayi Anda, dan setiap bayi berbeda.

Bayi, anak-anak, dan orang tua memang mereka bersinggungan dalam berbagai macam cara, tidak ada suatu tatanan tertentu untuk mengembangkan hubungan. Ketika menyangkut masalah tidur, banyak keluarga yang mengembangkan dan membuat gagasan yang fleksibel tentang di mana bayi mereka 'harus' tidur.

Orang tua yang tidak terlalu kaku dengan aturan tentang bagaimana dan di mana bayi mereka harus tidur pada umumnya jauh lebih bahagia dan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk kecewa ketika anak-anak mereka tidak dapat melakukan seperti yang seharusnya - yaitu tidur sepanjang malam."

2. Jangan khawatir tentang "do’s" dan "don’ts"

Sangat penting untuk tidak terjebak dalam terlalu banyak 'masalah tidur' dan 'don’ts' selama beberapa bulan pertama.

Khususnya untuk tiga bulan pertama, Anda benar-benar hanya perlu memberi makan, mengganti popok, dan menidurkannya kembali. Bagi anda yang memiliki bayi rewel atau refluks, Anda tahu bahwa menidurkannya adalah tantangan, jadi lakukan apa yang harus Anda lakukan.

3. Ingat tidak ada cara buruk untuk membuat bayi tidur — menyusui sambil tidur, menggunakan dot, tidur bersama, dll

Sebagai pelatih tidur, saya memberitahu klien untuk membiarkan bayi mereka tidur seperti yang mereka inginkan, apakah itu diayun atau di dorong di dalam stroller.

Istilah 'asosiasi tidur negatif' membuat saya frustrasi karena bahkan orang dewasa pun berasosiasi dengan tidur — misalnya menggunakan white noise, membaca buku, atau memiliki sprei tidur favorit. Tidak ada yang negatif tentang membutuhkan sesuatu untuk membantu kita bersantai saat tidur.

Ketika mengayun mereka untuk tidur, bukan lagi sesuatu yang ingin Anda lakukan karena itu membutuhkan waktu satu jam, lalu ubah (jika terlalu lama maka kemungkinan besar itu juga tidak berhasil untuk mereka). Meskipun mungkin akan menemui beberapa perlawanan, jika Anda lembut tentang transisi dan memberi sedikit waktu Anda untuk menyesuaikan, perlawanan akan minimal.

Jika anak Anda suka tidur pada Anda di siang hari dan itu tidak lagi bekerja untuk Anda karena Anda memiliki hal-hal yang ingin Anda lakukan, cobalah membiarkan mereka tertidur pada Anda dan bekerja pada transfer.

Tunggu sampai mereka tertidur lelap dan cobalah menempatkan mereka terlebih dahulu secara perlahan-lahan dan baringkan. Ini akan menghilangkan perasaan jatuh yang terkadang bisa membangunkan mereka.

4. Ketahuilah bahwa tidak apa-apa jika mereka sering terbangun sepanjang malam

Bayi baru lahir memiliki dua kondisi tidur, tidur aktif (yang mirip dengan tidur REM orang dewasa) dan tidur tenang (mirip dengan tidur non-REM orang dewasa). Studi telah menemukan bahwa tidur aktif memainkan peran penting dalam mencegah SIDS. Untungnya, bayi menghabiskan lebih banyak waktu dalam tidur aktif dari 2 hingga 6 pagi sehingga selama waktu ini, mereka lebih mungkin untuk bangun jika mereka lapar, dingin, basah atau terkejut dengan tidak bernapas.

Jam tidur bayi sebenarnya lebih pendek dari kita (berlangsung hanya 50-60 menit) dan karena itu mereka dapat mengalami gairah parsial setiap jam atau lebih. Ada alasan biologis untuk bangun, itu untuk bertahan hidup - agar anak-anak tumbuh, mereka perlu makan dan karena itu perlu bangun untuk makan.

Jika seorang anak terlalu dingin atau terlalu panas, mereka harus bangun untuk memberi tahu ibu. Jika seorang anak tidak bernapas, mereka harus bangun. Apa pun yang memaksa anak tidur terlalu dalam dan terlalu cepat itu berbahaya. Tidur aktif juga memiliki manfaat lain, tidur yang dianggap cerdas karena otak tidak beristirahat, meningkatkan aliran darah ke otak dan dianggap bertanggung jawab atas pertumbuhan otak yang lebih cepat.

5. Dekatkan bayi Anda saat Anda bisa.

Ini berlaku baik di malam hari maupun siang hari. Benar-benar ada dorongan untuk membiarkan bayi Anda di ruang tidur mereka sendiri.

Penting untuk dicatat bahwa penelitian Harvard menemukan bahwa pembagian kamar selama enam bulan pertama dapat berperan dalam mengurangi risiko SIDS. Sama sekali tidak perlu membawa bayi ke box mereka sendiri.

Jika mereka masih terbangun beberapa kali di malam hari dan Anda kelelahan, cobalah tidur bersama (saya selalu mengatakan bahwa saya tidak diperbolehkan mempromosikan bedsharing, jadi dengan tidur bersama, maksud saya berbagi kamar). Anda akan mendapatkan tidur tambahan yang Anda butuhkan dan bayi Anda akan lebih suka karena merasa lebih dekat dengan anda.

6. Hindari stimulasi berlebihan

Sangat mudah untuk melupakan bahwa bayi itu kecil dan semuanya baru bagi mereka. Berjalan-jalan menstimulasi semua indera bayi — suara baru, bau, hal-hal untuk dilihat. Kami seringkali melupakan semua ini dan menjadi 'sutradara hiburan' yang perlu merangsang bayi dengan mainan sepanjang hari.

Aktivitas harian kami berdampak pada tidur bayi, jadi cobalah untuk menggerakkan seluruh keluarga turun sebelum tidur. Seperti perjalanan ke supermarket tepat sebelum jam tidur siang mungkin membuat bayi yang sangat bersemangat jadi biarkan mereka relax dulu jika Anda ingin mereka tidur siang.

7. Perhatikan lingkungan tidur mereka

Bayi sensitif terhadap berbagai faktor. Jika terlalu panas, mereka tidak akan mau tidur. Jika ada aroma kuat lainnya, tidur mereka mungkin terganggu. Jika Anda menyalakan lampu malam untuk mengganti popok, bayi mungkin tidak ingin kembali tidur.

Jika anak Anda sangat sensitif dan baju tidur mereka gatal atau deterjen yang Anda gunakan mengganggu kulit mereka, maka ini akan berdampak pada tidur mereka juga. Jika rumah Anda berisik menjelang tidur, pertimbangkan mesin white noise. Atau lihat suhu dan udara untuk mengetahui apa yang mungkin mempengaruhi bayi.

8. Cobalah tidur siang dengan gerakan

Gunakan carrier atau naik mobil (kursi mobil untuk bayi bukan tempat yang aman baginya untuk tidur dalam waktu lama, jadi ingatlah untuk memindahkannya saat anda keluar dari mobil), atau naik stroller. Banyak bayi suka tidur siang jadi jika Anda kesulitan tidur, cobalah.

Pertimbangkan gaya hidup Anda. Apakah anda suka keluar rumah? Apakah Anda menikmati jogging dan berjalan kaki dengan keluarga? Jika demikian, biasakan bayi tidur di strollernya atau di gendongan. Jangan khawatir bahwa mereka tidak akan pernah tidur di box mereka.


9. Rayakan keberhasilan kecil

Cobalah untuk tidak terlalu fokus pada gambaran yang lebih besar ketika tiba saatnya untuk bayi Anda yang baru lahir tidur. Mungkin anda membuat mereka tidur di ayunan selama 20 menit sehingga Anda bisa mandi. Mungkin mereka mengambil dot dan terlihat nyaman selama beberapa menit.

Luangkan waktu untuk merayakan keberhasilan kecil ketika Anda berada di tengah-tengah kesulitan tidur.

10. Jaga diri anda

Tolong lakukan hal-hal untuk Anda dan jangan ragu untuk meminta bantuan. Sangat penting bagi anda untuk berjalan-jalan atau minum kopi atau menghabiskan malam bersama sahabat anda.

Minta bantuan orang tua, pasangan, atau teman dekat Anda, meskipun hanya satu jam sehingga Anda bisa mandi dan mengeringkan rambut.

Bayi Anda mungkin menangis karena Anda tidak ada di sana, tetapi jika bayi Anda berada dalam pelukan seseorang yang mencintai mereka, dan Anda membutuhkan waktu satu jam untuk diri Anda sendiri, tidak apa apa jika mereka menangis. Sangat penting bahwa kondisi anda harus baik juga ketika Anda bersama bayi yang baru lahir.

Ingatlah bahwa Anda melakukan pekerjaan yang luar biasa, bu. Anda adalah orang terbaik untuk merawat bayi Anda. Enam bulan pertama memang sangat sulit tetapi tetaplah bertahan. Jangan takut untuk meminta bantuan dan pastikan Anda meluangkan waktu untuk anda sendiri di akhir hari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan anak bayi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top