Terapi sel punca/Istimewa
Health

Ampuh Obati Berbagai Macam Penyakit, Waspadai Sel Punca Palsu

Newswire
Minggu, 31 Mei 2020 - 12:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sel punca atau stem cell diyakini dapat digunakan untuk terapi penyeimbang imunitas tubuh, terutama bagi penderita gangguan autoimun.

"Sel punca dapat digunakan untuk terapi autoimun, jadi bisa diterapkan untuk penyeimbang autoimun," ujar ahli bidang biomedik Karina Karina dalam webinar, Minggu (31/5/2020).

Dia menambahkan terapi sel punca juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit degeneratif seperti osteoartritis, diabetes melitus, demensia, alzheimer, dan parkison. Kemudian penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung koroner.

Selain itu, terapi sel punca juga dapat digunakan untuk antipenuaan dan juga kerusakan organ akibat hal lain.

Karina juga mengingatkan bahwa sel punca merupakan sel hidup yang tidak bisa disimpan dalam bentuk kapsul, tablet, krim, ataupun ampul.

"Sel punca tidak bisa disimpan dalam bentuk tablet, krim, kapsul maupun ampul," jelas dia.

Oleh karena itu, dia mengingatkan masyarakat tidak mudah percaya dengan klinik kesehatan yang terapi peremajaan sel atau terapi kesehatan dengan menggunakan sel punca palsu berbentuk pil, krim, serbuk atau ampul.

"Meskipun berupa sel punca bersumber sel buah-buahan tetap tidak bisa disimpan dalam bentuk kapsul, tablet atau ampul," imbuh dokter yang juga merupakan CEO Yayasan Hayandra Peduli.

Untuk melakukan regenerasi sel, dunia kedokteran mengenal dua sumber sel punca, yakni el punca yang bersumber dari diri sendiri (autologus) dan bersumber dari orang lain (alogenik). Sumber yang paling aman adalah dari diri sendiri dan bisa diambil dari jaringan lemak, sumsum tulang, darah dan kulit pasien.

Sel punca dari orang lain berasal dari tali pusat. Akan tetapi hanya bisa digunakan oleh orang tertentu yang memiliki hubungan darah sangat dekat dengan si pemilik sel punca.

"Saat ini terapi sel punca ini semakin banyak dijadikan sebagai salah satu pilihan masyarakat untuk berobat. Juga digunakan agar awet muda, tetap cantik, tetap ganteng, kulit tetap segar," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nurbaiti
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro