Kecemasan sering terjadi muncul saat pandemi virus corona/hipnoterapi.com
Health

Tips Bahagia Saat Pandemi Virus Corona

Novita Sari Simamora
Selasa, 2 Juni 2020 - 07:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), banyak masyarakat yang tak henti memburu informasi terkait penyebaran virus yang mematikan tersebut.

Mau tak mau, masyarakat di Indonesia juga harus beradaptasi dengan kenormalan baru (new normal). Banyak ketakutan, kekhawatiran hingga ada yang merasa seperti dihantui oleh virus corona, bila mengingat angka kematian yang disebabkan oleh virus corona.

Mengutip Psychology Today, orang-orang dalam keadaan ketakutan dan kegelisahan yang tinggi akan memicu hormon kortisol yang tinggi. Bila hormon kortisol tinggi, maka ini akan membuat Anda stres dan merusak sistem kekebalan tubuh.

Ironisnya, banyak masyarakat yang kurang siap untuk mengontrolnya hormon ini dari dalam tubuh. Ketidakmampuan ini bisa menjadi pintu masuk bagi virus corona. Berikut tips bahagia bagi diri sendiri di tengah pandemi:

1. Sadarilah Apa yang Anda Konsumsi

Apa yang harus Anda lakukan jika ingin mengurangi kecemasan, depresi, dan kepanikan? Sadarilah, bahwa ini sama seperti Anda mengonsumsi makanan, seperti itu juga Anda harus mengontrol konsumsi berita.

Jika Anda pikir Anda akan tidur nyenyak setelah melihat-lihat berita pandemi terbaru, mungkin itu tidak akan terjadi. Dopamin yang distimulasi oleh informasi itu akan membuat Anda terus-menerus bergolak dan berputar. 

2. Pelit Kognitif Saat Pandemi

Salah satu temuan besar psikologi kognitif saat pandemi virus corona adalah menjadi pelit secara kognitif atau tidak berpikir terlalu banyak. Semakin banyak orang berfikir tentang kondisi saat ini, maka dia akan semakin lelah.

Pandemi virus corona menawarkan pengingat bahwa kita harus belajar bagaimana mengendalikan penggunaan teknologi, bukan sebaliknya. Perasaan menjadi lebih memegang kendali akan memberi Anda kekuatan.

3. Ubah Hidup Anda

Letakkan aplikasi yang Anda buka beberapa kali setiap hari untuk berita terbaru virus corona. Putuskan berapa kali Anda ingin memeriksa aplikasi berita tersebut setiap minggu dan hanya menggesek ke layar akhir pada kesempatan itu.

Bacalah sumber berita yang sah. Sebagai aturan, saat Anda membaca berita yang meragukan, maka berhenti mengikuti orang yang menyebarkan berita tersebut.

Jangan pernah memeriksa berita terkait pandemi setelah jam 6 sore. Hormati kebutuhan manusiawi Anda untuk mengurangi dan menghemat energi Anda sehingga Anda dapat memperbarui hidup Anda melalui tidur malam yang nyenyak. Matikan semua layar setidaknya untuk satu jam sebelum Anda tidur.

Biarkan hati Anda memandu dalam menggunakan teknologi. Ini penting, agar Anda tidak jatuh ke dalam perangkap teknologi, yang membuat banyak waktu habis di layar smartphone dan laptop karena pandemi.

4. Lakukan Komunikasi

Lebih Anda bersenang-senang dengan anak-anak saya, berbincang mesra dengan istri ataupun suami, menelepon beberapa teman dan bernostalgia, dan tidak membaca pembaruan tentang pandemi, setidaknya sampai lusa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro