Ilustrasi/Sheknows
Health

3 Fakta Penting Seputar Susu

Krizia Putri Kinanti
Selasa, 2 Juni 2020 - 18:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Hari Susu Sedunia jatuh pada tanggal 1 Juni setia tahunnya. Tetapi banyak pertanyaan seputar susu, masih sama setiap tahunnya.

Banyak juga yang salah kaprah soal keberadaan minuman berwarna putih itu.

Berikut cek fakta seputar susu.

1.Apakah benar mengonsumsi susu bisa menambah tinggi anak?

Prof. Hardinsyah Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia mengatakan bahwa pengaruh genetic itu sekitar 10%-20%, faktor makanan dan lingkungan lebih dominan dalam jangka panjang dan dapat mempengaruhi genetik.

“Susu bukan satu-satunya pangan sumber zat gizi, tetapi susu dapat melengkapi pemenuhan gizi yang berkualitas dalam mewujudkan gizi seimbang,” ujarnya dalam webinar Perayaan Hari Susu Sedunia dan Hari Susu Nusantara 2020 bersama Frisian Flag Indonesia, Selasa (2/6/2020).

2. Mana yang lebih baik, susu UHT atau susu bubuk?

Hardinsyah menuturkan bahwa proses pengolahan susu yang tidak signifikan menurunkan jumlah kalsium dan protein. Lebih banyak pengaruh pengolahan pada vitamin yang dikandungnya bila menggunakan suhu tinggi dan lama.

“Itulah sebabnya, pengolahan secara UHT dalam sekejap sehingga tidak banyak vitamin yang hilang. Bila susu dibubukkan maka akan banyak vitamin yang hilang karena itu dipulohkan dengan menambahkan vitamin,” tuturnya.

3.Seberapa tinggi kandungan protein di dalam susu dibandingkan daging dan telur?

Kandungan protein dalam 100 gram daging atau telur lebih tinggi sekitar dua kali lipat dibandingkan dalam 100 gram susu.

“Tetapi masing-masing kan punya keunggulan atau kekurangan beberapa zat gizi. Karena itu semua perlu dikonsumsi saling melengkapi tetapi tidak berlebihan,” ujar Hardi.

Pandemik Covid-19 meningkatkan kesadaran hidup sehat banyak orang yang juga potensi pada era new normal. Kesadaran tersebut berimplikasi terhadap peningkatan permintaan komoditas untuk hidup sehat, seperti suplemen, herbal, buah, sayur dan pangan hewani termasuk susu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro