Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Awas, Anak Mudah Terserang Penyakit Bila Asupan Gizi Tidak Cukup

Kekurangan atau kelebihan gizi akan menyebabkan terjadi gangguan kekebalan tubuh dan gangguan dalam usus pada anak.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 15 Juni 2020  |  15:47 WIB
Ilustrasi - Webmd
Ilustrasi - Webmd

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak hanya anak Indonesia, anak di seluruh dunia sangat rentan akan isu nutrisi seperti stunting, kelebihan berat badan serta anemia. Apabila nutrisi bermasalah, maka anak menjadi mudah terinfeksi penyakit

Saptawati Bardosono, Pakar Gizi Medik mengatakan bahwa berdasarkan data dari Global Nutrition Report 2016, isu nutrisi menjadi tantangan global, "Stunting kurang kalori dan protein, kegemukan kelebihan kalori dan anemia kurang gizi mikro (vitamin dan mineral). Anak usia toddler lebih rentan terkena ISPA dan diare sehingga itulah nutrisi harus kita bicarakan setiap saat," ujarnya dalam Konferensi Pers Virtual Peluncuran Dancow Nutritods, Senin (15/6/2020).

Dia menambahkan bahwa masalah gizi yakni kekurangan atau kelebihan gizi akan menyebabkan terjadi gangguan kekebalan tubuh dan gangguan dalam usus (disbiosis). Pemberian asupan probiotik yakni bakteri baik lactobacillus rhamnosus, dapat memberikan efek immunomodulatory atau membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

"Maka dari itu, para orang tua dapat memberikan asupan probiotik yang terdapat pada susu dan makanan tradisional yang kita konsumsi sehari-hari seperti tape, jenis-jenis keju, yoghurt, dan lain-lain.”

Lalu, untuk melihat status gizi anak apakah cukup bisa diperhatikan dari apa yang dimakan oleh anak, apakah kandungan gizinya lengkap dalam sekali makan mengandung makanan pokok, sayur, buah lauk pauk dan susu.

"Kalau semua itu ada dalam makanan anak sekali makan dan tumbuh kembangnya baik maka kita sudah bisa mengetahui asupan gizi makro dan mikronya sudah baik," paparnya.

Nestlé DANCOW resmi hadirkan DANCOW Nutritods, produk yang diformulasikan khusus bagi anak Indonesia usia 1-5 tahun dan program Nutritods yang menyajikan serangkaian informasi dan aktivitas untuk membantu tumbuh kembang optimal anak usia Toddler dan Prasekolah didukung oleh para ahli yang tergabung dalam Nutritods Council Expert.

DANCOW Nutritods hadir untuk anak usia 1+, 3+, dan 5+, dengan kandungan 0 g sukrosa, bakteri baik Lactobacillus rhamnosus dan mikronutrien yang disesuaikan dengan kebutuhan anak Indonesia di setiap masa pertumbuhannya.

DANCOW 3+ Nutritods diformulasi untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak Indonesia di masa Prasekolah yang masih rentan kekurangan vitamin A, C, D dan zat besi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak nutrisi susu tips sehat
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top