Ilustrasi vaksin untuk imunisasi anak/Reuters
Health

Tips Melakukan Imunisasi Saat New Normal

Krizia Putri Kinanti
Senin, 15 Juni 2020 - 14:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki era new normal, pakar tumbuh kembang anak menganjurkan kepada ibu yang memiliki anak bayi untuk tetap melakukan imunisasi, agar terhindar dari penyakit.

Imunisasi merupakan upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Biasanya anak akan diberikan vaksin untuk menjaga daya tahan tubuh.

Vaksin adalah proses memasukan bakteri atau virus yang telah dilemahkan ke dalam tubuh anak Anda. Tujuannya, untuk mendapatkan efek kekebalan terhadap penyakit tertentu..

Ahli Tumbuh Kembang Anak, Soedjatmiko mengungkapkan bahwa untuk mencegah munculnya penyakit maka ibu harus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Jangan lupa juga untuk melakukan imunisasi kepada anak.

“Untuk mencegah penyakit, juga bisa dilakukan dengan imunisasi. Pada masa pandemi virus corona maka imunisasi harus tetap dilengkapi karena ada atau tidak ada, Covid-19 seperti difteri dll tetap ada,” ungkapnya, Senin (15/6/2020)

Saat melakukan imunisasi, Soedjatmiko menyarankan kepada orang tua untuk memberikan masker atau face shield kepada anak yang akan diimunisasi. Selain itu, orang tua wajib menjaga jarak dengan peserta lain yang akan divaksin.

Belakangan, banyak sekali orang tua yang takut untuk melakukan imunisasi kepada anaknya. Khawatir boleh, tetapi jangan sampai memiliki kekhawatiran yang berlebihan. “Carilah klinik atau rumah sakit yang tidak menangani pasien virus corona,” ungkapnya.

Saat melakukan imunisasi, dia juga menyarankan kepada orang tua untuk memantau berat badan, tinggi badan dan kemampuan  motorik anak. Menurutnya, tumbuh kembang anak akan baik bila kecukupan gizi dan nutrisi terpenuhi dari makanan.

Dia menyarankan kepada orang tua untuk memberikan makanan bergizi dan mencukupi kebutuhan protein, vitamin dan nutrisi lain dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan dan susu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro