Gading Marten dan Starlet kotaknya/instagram
Entertainment

Starlet Kotak, 'Tunggangan Baru' Gading Marten

Rezha Hadyan
Kamis, 18 Juni 2020 - 17:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aktor Gading Marten memamerkan tunggangan terbarunya di akun Instagram-nya @gadiiing. Bukan mobil mewah, hanya city car lawas yang usianya sudah lebih dari tiga dekade.

Tunggangan terbaru putra aktor senior Roy Marten itu adalah Toyota Starlet EP71 berkelir putih tahun 1989. Mobil tersebut kerap disebut sebagai Starlet Kotak atau Starko oleh pecinta otomotif di Tanah Air.

Starlet EP71 memang terlihat mengotak dengan sudut-sudut kakunya. Seperti lazimnya mobil-mobil keluaran era 1980an.

Mobil tersebut merupakan idola kawula muda pada zamannya, sebelum akhirnya lahir Starlet EP81 yang akrab dipanggil sebagai Starlet Kapsul atau Starkap.

Hadirnya Starlet EP81 dengan sudut-sudut yang lebih halus atau membulat pada 1990 menandai berhentinya produksi Starlet EP71.

Starlet EP71 meluncur pertama kali pada 1985. Kala itu, PT Toyota Astra Motor selaku agen tunggal pemegang merk (ATPM) Toyota di Indonesia hanya menghadirkan varian XL saja.

Varian tersebut menggunakan mesin 1E-C SOHC 4 silinder 1.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga 55HP dan torsi sebesar 102 Nm.

Setahun kemudian, hadir varian SE dengan mesin yang berbeda. Varian tersebut menggunakan mesin 2E-C SOHC 4 silinder 1.300 cc yang mampu menghasilkan tenaga 65HP dan torsi sebesar 98 Nm.

Mesin 2E-C kapasitas 1.300 cc juga digunakan oleh sedan Corolla SE Saloon.

Selain itu, ada pula varian Lisse yang merupakan versi khusus dari varian XL. Varian ini diperuntukkan bagi pengemudi perempuan.

Pembedanya adalah stiker Lisse di bagian samping dan adanya rak untuk menyimpan sepatu di bawah jok penumpang depan. Selain itu, varian ini juga hanya tersedia dalam warna merah.

Starlet Kotak, 'Tunggangan Baru' Gading Marten

Pada dasarnya Starlet EP71 adalah mobil yang sederhana, baik dari segi desain maupun teknologi yang digunakan. Seluruh varian dari mobil tersebut masih menggunakan sistem pengapian platina dan penyaluran bahan bakar menggunakan karburator.

Belum ada power window untuk membuka jendela. Demikian halnya dengan power steering untuk mempermudah pengemudi memutar setir, terutama saat parkir.

Oleh karena itu, banyak yang menyebut bahwa perawatan mobil ini tidak terlalu sulit lantaran tidak banyak sistem elektronik yang digunakan seperti mobil masa kini.

Usianya yang tergolong tua dengan fitur yang ala kadarnya tak membuat mobil ini terlupakan. Harganya terbilang tinggi untuk mobil sejenis dan seusianya.

Di sejumlah platform dagang el, Starlet EP71 dengan kondisi yang baik dan standar harganya tak kurang dari Rp25 juta. Memang, ada saja yang menjual mobil tersebut dengan harga dibawahnya.

Tetapi kondisinya ala kadarnya dan butuh perbaikan yang mungkin biayanya lebih dari harga mobil itu sendiri.

Layaknya mobil hobi, tidak ada patokan harga untuk mobil Starlet EP71. Jadi, tak perlu kaget jika melihat mobil tersebut dijual dengan harga mendekati Low Cost Green Car (LCGC) keluaran baru.

Tentu dengan harga tersebut kondisinya benar-benar prima layaknya mobil baru keluar dari dealer. Seluruh aksesoris yang menempel masih asli atau sudah diganti baru dengan kualitas yang sama seperti aslinya.

Apakah Anda tertarik meminang mobil ini untuk bernostalgia?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro