Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Diduga Jadi Penyebab Wabah Listeria, Jamur Enoki Ternyata Punya Zat Anti Kanker

Jamur enoki nyatanya mengandung berbagai nutrisi dan komposisi senyawa aktif yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan juga bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung dan kanker.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 25 Juni 2020  |  09:32 WIB
Kanker - telegraph.co.uk
Kanker - telegraph.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA- Wabah listeria akibat jamur enoki muncul di Korea Selatan dan di AS. Listeria merupakan penyakit yang disebabkan infeksi bakteri dan membuat makanan menjadi beracun.

Sejauh ini Badan pengawasan obat dan makanan di AS, FDA mengatakan kasus listeria yang terjadi di negara tersebut yakni Arizona (2), California (9), Florida (2), Hawaii (3), Indiana (1), Kentucky (1), Maryland (2), Massachusetts (2), Michigan (1) ), Missouri (1), New Jersey (1), New York (4), North Carolina (1), Rhode Island (1), Tennessee (1), Virginia (3), dan Washington (1).

Melansir dari situs Alodokter, jamur enoki nyatanya mengandung berbagai nutrisi dan komposisi senyawa aktif yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, ada penelitian yang menduga bahwa jamur enoki bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung dan kanker.

Disebutkan dalam 100 gram jamur enoki mentah kira-kira terkandung air, energi, karbohidrat, protein, serat, kalium (potassium), fosfor, magnesium, niacin, selenium, folat, vitamin D, zinc, dan zat besi. Jamur enoki juga mengandung anti oksidan tinggi yang bisa mencegah efek buruk radikal bebas.

Antioksidan ergothioneine dalam jamur ini diduga mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan radiasi UV.

Jamur enoki kaya akan polisakarida yang bisa digunakan sebagai bahan makanan kesehatan dan produk kosmetik. Banyaknya serat dalam jamur enoki diduga dapat mempercepat penguraian kolesterol, sehingga mengurangi kadar trigliserida, kolesterol total, lemak jahat atau LDL, dan fosfolipid dalam hati.

Situs Alodokter menyebut kandungan mycosterol dalam jamur enoki diduga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol total dan LDL dalam darah. Efek ini baik untuk mencegah penyakit jantung.

Jamur enoki juga memiliki zat antikanker bernama flammulin dan proflamin yang terlihat dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, salah satunya kanker payudara. Efek antikanker pada jamur enoki ini juga terlihat dari kemampuannya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan sel kanker.

Sejauh ini jamur enoki atau enokitake ini merupakan salah satu dari empat jenis jamur yang banyak dibudidayakan di berbagai negara, karena rasanya yang lezat dan nilai gizinya yang tinggi. Selain dikonsumsi menjadi sup atau hidangan lainnya, jamur enoki bahkan sudah digunakan untuk keperluan pengobatan terutama di Tiongkok sejak zaman dulu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker jamur
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top