Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Berdandan Aman Selama Masa New Normal

Penggunaan kosmetik seperti lipstik, bedak, pensil alis, dapat meningkatkan rasa percaya diri perempuan sebab mereka akan merasa cantik dan bahagia.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 27 Juni 2020  |  13:41 WIB
Make over - dokumentasi
Make over - dokumentasi

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki masa new normal, sebagian masyarakat disarankan untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan, tidak menyentuh area wajah, menjaga jarak, dan isolasi diri bila merasa tidak fit.

Para perempuan yang mulai bekerja kembali atau beraktivitas di luar rumah, tentu merasa tidak lengkap jika keluar rumah tanpa make-up atau kosmetik seperti lipstik, maskara, eyeliner, eyeshadow, bedak, pensil alis, dan lainnya.

Penggunaan kosmetik sederhana seperti lipstik, bedak, pensil alis, dapat meningkatkan rasa percaya diri perempuan sebab mereka akan merasa cantik dan bahagia. Ketika bahagia maka bisa meningkatkan imunitas tubuh, yang penting di masa pandemi ini.

Namun demikian, banyak pertanyaan yang muncul terkait penggunaan kosmetik. Amankah berdandan menggunakan kosmetik di tengah pandemi Covid-19 ini, dan bagaimana cara menggunakan kosmetik secara aman selama masa new normal.

Sebab, biasanya penggunaan kosmetik banyak ditujukan untuk area sekitar mata dan bibir. Padahal, droplet yang menjadi sumber penularan virus corona dapat menyebabkan seseorang tertular bila berkontak dengan area wajah, terutama hidung, mata, dan mulut.

Wadah kosmetik pun biasanya berbahan plastik dan seringkali terdapat cermin yang melekat. Walaupun demikian, tak perlu khawatir berlebihan saat menggunakan kosmetik, asal Anda dapat menerapkan tips dan trik berikut ini seperti yang disampaikan oleh Susi Rendra, Dokter spesialis kulit dan kelamin RS Pondok Indah – Puri Indah.

Hal pertama yang terpenting adalah mencuci tangan sebelum menggunakan kosmetik. Bila memungkinkan, gantilah kosmetik kita dengan set yang baru bila sudah lama tidak digunakan selama masa work from home (WFH) kurang lebih hampir 3 bulan. Bila tidak memungkinkan membeli yang baru, buanglah lapisan teratas kosmetik sebelum mulai digunakan kembali

Aplikasikan kosmetik saat di masih berada rumah. Hindari mengaplikasikan kosmetik di area publik, karena ada risiko droplet mikro di udara yang dapat menempel di permukaan kosmetik kita

Jangan meminjamkan kosmetik milik kita dan jangan meminjam kosmetik milik orang lain selama masa pandemi ini. Kita tidak bisa mengetahui apabila seseorang tersebut ternyata orang tanpa gejala (OTG).

Selanjutnya, bersihkan wadah kosmetik secara rutin menggunakan sabun ataupun bahan antiseptik lainnya, bila perlu setiap hari. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kosmetik saat wajah bersih. Hindari touch-up (menambahkan, mengoreksi) kosmetik saat kita di luar rumah dan tidak bisa membersihkan muka terlebih dahulu.

Bila kita terindikasi terkena infeksi Covid-19, hentikan penggunaan kosmetik. Kita bisa menggunakan kembali kosmetik setelah melewati masa hidup virus yang telah kita ketahui. Sebagian orang merasa lebih aman dengan membuang kosmetik lama dan menggantinya dengan yang baru setelah sembuh

“Cucilah kuas dan spons yang kita gunakan secara berkala untuk menjaga kebersihannya. Gunakan kosmetik sesuai rentang waktu suatu produk bisa digunakan (shelf-life) seperti yang dianjurkan oleh produsen, biasanya berkisar 3-6 bulan,” terangnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wanita make up masker New Normal
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top