Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Membuat Tujuan dan Merencanakan Masa Depan Selama Pandemi

Mungkin sulit untuk tetap termotivasi ketika begitu banyak yang tidak pasti. Tetapi merencanakan tujuan dan masa depan adalah hal penting, bahkan dalam iklim virus corona yang tidak pasti ini.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 07 Juli 2020  |  15:39 WIB
Ilustrasi optimis
Ilustrasi optimis

Bisnis.com, JAKARTA -- Pandemi virus corona telah membuat semua sulit untuk menetapkan tujuan dan perencanaan untuk masa depan.

Mungkin sulit untuk tetap termotivasi ketika begitu banyak yang tidak pasti. Tetapi merencanakan tujuan dan masa depan adalah hal penting, bahkan dalam iklim virus corona yang tidak pasti ini.

Konsultan Carole Ann Rice mengatakan bahwa akan tiba saatnya, dimana derajat normalitas akan kembali.

“Jangan anggap apa yang Anda rasakan akan terus berjalan seperti ini.” ujarnya dikutip dari Metro.co.uk, Selasa (7/7/2020).

Agar Anda tetap bisa membuat tujuan merencanakan masa depan, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan :

1.Tetapkan tujuan yang realistis

Jangan tetapkan tujuan di luar jangkauan, karena hal ini cenderung menyebabkan keputusasaan dan penurunan motivasi. Pada dasarnya, Anda mengatur diri sendiri untuk kegagalan sejak awal. Idealnya, Anda memilih tujuan yang dapat dicapai.

Carole berkata: “Anda mungkin harus menunda atau bersabar, tetapi yang utama adalah masih mungkin untuk mencapai tujuan-tujuan itu. Anda harus berhubungan dengan apa yang Anda inginkan, berhubungan kembali dengan tujuan. Duduk dan tinjau kembali, ingat apa dan mengapa Anda menginginkan tujuan itu.

2. Hancurkan tujuan besar menjadi target yang lebih kecil.

Jika tujuan Anda sedikit ambisius, ubahlah menjadi batu loncatan yang lebih kecil dan lebih terjangkau. Dr Martina Paglia dari The International Psychology Clinic mengatakan: mungkin Anda memiliki ide ini dalam pikiran tentang perubahan karier yang lengkap atau ingin membuat pilihan yang lebih sehat dan tidak terlalu yakin harus mulai dari mana. Sebenarnya cukup sederhana. Mulailah selangkah demi selangkah target-target yang lebih kecil yang harus Anda tekan untuk mencapai tujuan-tujuan besar Anda.

3. Bebaskan tekanan

Konsultan bisnis Roo Davies menekankan bahwa 'penetapan tujuan' itu sendiri dapat terasa luar biasa apalagi melakukan ini selama pandemi.

"Tekanan untuk menciptakan tujuan" benar "dan kemudian bisa mencapainya bisa cukup untuk menghentikan orang," katanya.

Tekanan ini semakin meningkat selama iklim COVID dimana ketidakpastiannya tinggi dan  perlu menyesuaikan rencana.

Roo mengatakan cara yang berguna untuk menangani hal ini adalah dengan membingkai ulang tujuan sebagai niat.

"Fokus pada apa yang ingin Anda rasakan, apa yang ingin Anda tuju dan capai? Bagi sebagian orang, menyelaraskan dan berkomitmen pada niat baru bisa terasa kurang menakutkan daripada menetapkan tujuan.

4. Libatkan orang yang dicintai

Pandemi telah membuat kita menghargai orang yang kita cintai lebih dari sebelumnya - jadi mengapa tidak memasukkan mereka ke dalam rencana masa depan? "Jauh lebih mudah perjalanan ini ketika kita memiliki seseorang yang dapat kita bagikan sesuatu," kata Dr Martina.

Mungkin Anda memiliki tujuan bersama sehingga Anda dapat mengerjakannya bersama dan menawarkan satu sama lain dukungan sebaya sesuai kebutuhan, atau mereka dapat memiliki peran yang mendukung dan mendorong untuk membantu Anda meningkatkan motivasi Anda.'

5. Rasakan cara hidup yang lebih sederhana

Sebuah survei YouGov / RSA baru-baru ini menunjukkan bahwa 91% orang Inggris tidak ingin semuanya kembali normal - dengan 85% mengatakan mereka yang berharap untuk melihat beberapa perubahan pribadi atau sosial yang mereka alami selama beberapa bulan terakhir berlanjut setelahnya.

Dengan hal ini, tidak perlu terburu-buru untuk mencapai tujuan baru dengan cepat. Jelas, deadline diperlukan untuk mencapai target, tetapi penting untuk fleksibel dan memperhitungkan bahwa segala sesuatunya mungkin berjalan lambat untuk sementara waktu, dan tidak ada yang salah dengan itu.

6. Konsisten dari waktu ke waktu

Walaupun mungkin terasa seperti semuanya sedikit kacau pada saat ini, banyak orang telah mampu mempertahankan rutinitas yang konsisten terutama bekerja dari rumah. Disiplin di balik kebiasaan yang baru terbentuk ini dapat digunakan untuk mencapai target pribadi dan profesional.

7. Bersikap positif

Akhirnya, pertahankan target dan rencana tetap luas. Ini membantu kami memprosesnya secara psikologis tetapi juga berarti mereka dapat dibuat lebih spesifik di masa depan. Psikolog Chartered Portia Hickey menjelaskan ketidakpastian sangat sulit bagi kebanyakan orang untuk mengatasinya secara psikologis.

‘Semakin Anda dapat menerima bahwa Anda tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan tetapi ingin tahu tentang apa yang bisa terjadi, semakin baik Anda untuk mendekati ketidakpastian dan penetapan tujuan dengan pola pikir positif," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inspirasi optimistis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top