Kacamata berkabut saat memakai masker
Relationship

4 Cara Atasi Kacamata Berkabut Saat Pakai Masker

Desyinta Nuraini
Jumat, 17 Juli 2020 - 11:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masker menjadi bagian penting dalam kehidupan di tengah pandemi virus corona ini. Namun bagi pengguna kacamata, menggunakan masker sedikit mengganggu.

Melansir Express UK, Jumat (17/7/2020), hal ini karena ketika menggunakan masker, kacamata akan berkabut yang disebabkan terbatasnya aliran udara. Napas sebagian besar keluar dari bagian atas masker, tepat kacamata disangkutkan.

Ketika menghembuskan napas, napas hangat bersentuhan dengan lensa dingin, yang mengukuhkan lensa dan membuatnya berkabut. Uap juga menciptakan kelembaban berlebih di sekitar kacamata yang mengurangi cengkeraman pada bantalan hidung dan memungkinkan mereka untuk menyelinap ke bawah wajah.

Dalam kondisi ini, ada sejumlah cara untuk mencegah kacamata berkabut. Pertama, pastikan untuk mengenakan masker yang pas. Masker yang pas akan membuat area napas lebih sedikit. Untuk yang paling pas, masker harus pas di hidung dan pipi.

Seharusnya tidak ada ruang, kendur atau celah untuk udara keluar, terutama tepat di bawah mata. Jika topeng masker tidak cukup kencang saat pertama kali mengenakannya, coba kencangkan tali agar pas dengan aman atau pilih masker yang ukurannya lebih kecil.

Untuk membantu mengepaskan topeng di sekitar hidung, bisa juga menggerakkan masker lebih tinggi di wajah dan kemudian menutupnya dengan meletakkan jembatan kacamata di atasnya.

Kedua, beli masker dengan strip hidung. Jika membeli masker dengan strip hidung terpasang, aliran udara bisa lebih mudah dikelola. Anda juga harus memastikan kecocokan yang tepat dan memastikan strip hidung membengkok ke wajah. Memiliki strip hidung akan menghentikan napas hangat keluar dari bagian atas topeng.

Ketiga, gunakan selotip. Metode lain untuk mencegah celah di sekitar pipi dan di bawah mata adalah dengan menggunakan selotip. Anda harus menempatkan masker di wajah dan kemudian lilitkan dengan aman melintasi jembatan hidung dan di pipi. Anda harus mencoba menggunakan plester medis atau jenis plester lain yang dirancang untuk ditempelkan pada kulit untuk menghindari iritasi dan rasa sakit saat melepasnya.

Keempat, cuci kaca mata dengan sabun dan air. Mencuci kacamata dengan sabun dan air dapat memberikan pertahanan efektif terhadap uap.

Tepat sebelum berencana untuk memakai masker wajah, Anda harus mencuci kacamata dengan air sabun, menghilangkan kelebihan air dan kemudian biarkan mengering. Dengan begitu terbentuk lapisan tipis yang menghentikan uap di jalurnya. Anda juga dapat membeli tisu anti-kabut khusus dan semprotan yang bertindak dengan cara yang sama seperti air sabun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro