Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

9 Cara Mengambil Hati Mertua

Kadang-kadang wanita mungkin mengalami kesulitan untuk menjalin ikatan yang sehat dan bahagia dengan orang tua suami Anda.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 17 Juli 2020  |  17:16 WIB
Ilustrasi menantu dan mertua
Ilustrasi menantu dan mertua

Bisnis.com, JAKARTA -- Rahasia kehidupan pernikahan yang bahagia bukan hanya tentang membangun hubungan yang hebat dengan pasangan Anda. Ini juga tentang memiliki hubungan yang sehat dengan mertua Anda.

Kadang-kadang wanita mungkin mengalami kesulitan untuk menjalin ikatan yang sehat dan bahagia dengan orang tua suami Anda. Investasikan waktu dan upaya Anda dalam hubungan dengan mertua Anda dapat membantu Anda memiliki kehidupan pernikahan yang damai dan bahagia.

Dikutip dari Boldsky.com, Jumat (18/7/2020) , ada cara membangun hubungan yang sehat dan bahagia dengan mertua Anda.

1. Sopan Terhadap Mereka

Menjadi sopan terhadap mertua Anda bisa menjadi hal pertama yang perlu Anda lakukan. Anda perlu memastikan bahwa dalam keadaan apa pun, Anda tidak sopan terhadap mereka. Anda mungkin tidak tahu tetapi bersikap kasar dan tidak menyenangkan sebagian besar waktu dapat merusak hubungan Anda dengan mertua Anda. Maka mereka mungkin tidak senang dan akan menganggap Anda sebagai pilihan yang salah untuk putra mereka.

2. Kenali Mereka

Ini adalah langkah penting lain yang perlu Anda ambil untuk membangun hubungan yang kuat dan bahagia dengan mertua Anda. Mertuamu akan sangat tertarik mengetahui apa dan siapa dirimu. Anda juga harus melakukan hal yang sama. Alih-alih hanya menjawab pertanyaan mereka, Anda dapat mencoba mengetahui kebiasaan mereka, preferensi, proses pemikiran dan hal-hal lainnya. Dengan cara ini Anda akan dapat mendekati mereka.

3. Bersabarlah Ketika Anda Bersama Mereka

Sebagai menantu perempuan, Anda harus bersabar ketika Anda bersama mertua Anda. Akan ada saat-saat ketika Anda mungkin menemukan beberapa perilaku mereka menjengkelkan dan menjengkelkan. Tetapi kehilangan ketenangan bisa merusak upaya Anda dan berdampak pada ikatan Anda dengan mereka secara merugikan. Alih-alih ini, Anda bisa memutar mata dan membiarkannya pergi.

4. Menghargai Mereka

Semua orang menyukai penghargaan dan begitu juga mertua Anda. Anda dapat mencoba untuk menjadi lebih dekat dengan mereka dengan tidak hanya bersikap sopan dan sabar tetapi juga dengan menghargai mereka. Anda bisa memuji pekerjaan dan prestasi mereka. Jika mereka melakukan sesuatu untuk Anda atau membawakan Anda hadiah, Anda dapat mengungkapkan rasa terima kasih Anda untuk hal yang sama. Selain itu, cobalah untuk mengakui upaya yang mereka lakukan untuk menjaga keluarga bersama.

5. Dengarkan Apa Kata Mereka

Untuk membangun hubungan yang kuat dengan siapa pun, penting bagi Anda untuk mendengarkan orang itu. Coba perhatikan apa yang ingin dikatakan mertua Anda. Seperti setiap manusia, mereka juga ingin didengar. Alih-alih menyela mereka di tengah-tengah percakapan, Anda bisa menunggu kesempatan untuk berbicara. Ini tidak hanya akan membuat mereka merasa bahagia tetapi mereka juga akan menganggap Anda sebagai manusia yang baik.

6. Cari Saran Mereka

Salah satu cara untuk mengembangkan ikatan yang baik dengan mertua Anda adalah dengan membuat mereka merasa penting dan dihargai. Untuk ini, Anda dapat mencari saran mereka di mana pun Anda merasa perlu. Anda juga dapat mencari saran dan saran mereka dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara ini mereka akan merasa Anda tidak hanya menganggap mereka penting tetapi juga menghormati mereka. Selain itu, mereka akan menyarankan hal-hal berdasarkan pengalaman dan pengetahuan mereka.

7. Hormati Pendapat Mereka

Apakah Anda setuju atau tidak dengan mereka, penting bagi Anda untuk menghargai pendapat mereka. Ini menunjukkan bahwa Anda menghormati mereka dan terbuka untuk pikiran orang. Jika Anda tidak merasa benar tentang pendapat mereka maka Anda dapat menyampaikan hal yang sama dengan sopan dan lembut. Tetapi menunjukkan tidak hormat kepada pendapat mereka bisa menjadi hal yang buruk untuk dilakukan.

8. Hindari Berbicara Hal-Hal Buruk

Dalam keadaan apa pun, Anda harus mengatakan hal-hal buruk tentang anggota keluarga mana pun. Jika tidak, ini dapat menyebabkan perasaan pahit, dendam, dan kebencian dalam hubungan Anda dengan mertua Anda. Jika Anda tidak senang dengan salah satu anggota keluarga Anda, maka Anda dapat membicarakan hal yang sama dengan seseorang yang mengerti Anda. Anda juga dapat berbicara dengan orang yang Anda hadapi masalah.

9. Tidak Saling Menyalahkan

Memainkan game menyalahkan dalam hubungan apa pun bisa menjadi hal terburuk yang dapat Anda lakukan. Jika Anda ingin memiliki hubungan yang sehat dengan mertua Anda, maka Anda tidak boleh memainkan permainan menyalahkan. Alih-alih menyalahkan mereka untuk apa pun, Anda dapat mencoba memilah kesalahpahaman dengan tenang. Selain itu, Anda dapat menyelesaikan masalah dengan duduk bersama.

Di atas segalanya, melakukan percakapan terbuka dan benar-benar peduli satu sama lain dapat membantu Anda berbagi ikatan yang sehat. Perlakukan mereka seperti Anda ingin orang tua Anda dan anggota keluarga lainnya diperlakukan. Penerimaan juga dapat membantu Anda membangun ikatan yang penuh cinta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mertua Relationship
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top