Hubungan menantu dan mertua yang akrab
Relationship

5 Tips Jadi Menantu Idaman dan Meluluhkan Hati Calon Mertua

Tresia
Senin, 31 Januari 2022 - 20:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang-orang yang bercerita bahwa hubungan mertua dan istri jarang ada yang akur. Simak tips untuk menciptakan hubungan yang baik dengan mertua.

Melansir dari Channel YouTube Tallia MC, Senin (31/1/2022), ada 5 tips membangun hubungan yang baik dengan mertuanya. Bagi kamu yang sedang menjalin asmara dan yang membangun hubungan:

  1. Kenali Lebih Dalam Calon Mertuamu

Salah satu cara terbaik untuk akrab dengan calon mertua adalah dengan mengobrol. Melalui hal ini, orangtua dapat melihat dan menilai. Mana pasangan anaknya yang cuek dan mana yang mau berusaha dekat dan peduli.

Jadi, ketika kamu datang kerumah pasanganmu. Pastikan kamu tidak hanya menunggu di luar. Masuklah ke dalam dan coba membuka obrolan dengan mereka meski kamu canggung dan merasa malu. 

Misalnya, ibu pasangan kamu suka kopi, maka kamu bisa mengajaknya berdiskusi tentang kopi. Atau ketika ayah pasangan kamu sedang menonton bola, kamu bisa bergabung menonton bersamanya sambil mengobrol.

  1. Berpakaian Rapi

Tidak ada calon mertua yang berharap kamu berpenampilan rapi layaknya artis atau berdandan terlalu tebal, tetapi setidaknya pada saat bertemu mereka terutama untuk pertemuan pertama kali. 

"Kebanyakan orang tua mengatakan dia tidak suka apabila pasangan anaknya pertama kali datang, hanya mengenakan kaos oblong dan sandal jepit dan celana pendek," ungkap Tallia MC 

Maka dari itu, untuk pria pastikan kamu datang dengan berpakaian rapi minimal mengenakan kemeja santai, celana panjang dan sepatu. Sedangkan wanita berpakaian sopan, tertutup serta tidak berdandan terlalu tebal. 

  1. Menjaga Sikap

Saat bertemu dengan calon mertua yang perlu kamu perhatikan adalah sikap kamu kepadanya, hindari kata atau ucapan yang bisa menyakitkan calon mertuamu apalagi ucapan bahasa gaul yang mungkin biasa kamu pakai saat bercanda dengan pasanganmu.

Hal ini dilakukan, agar calon mertuamu senang dan dapat leluasa untuk bercerita. Tentu saja kamu harus berperilaku sopan kepadanya. Tunjukkan bahwa anaknya tidak salah dalam memilih pasangan. 

  1. Berikan Perhatian

Jika kamu berada di dalam rumah calon mertua, berikan beliau perhatian yang lebih. Misalnya bertanya apakah beliau sudah makan, menanyakan kabarnya atau bisa mengobrol biasa.

Bahkan, kamu juga bisa membawakan makanan seperti kue kering dan semacamnya. Jika perlu kamu juga bisa memasak sesuatu untuknya. Pastikan kamu sudah bertanya kepada pasanganmu terlebih dahulu, makanan apa yang orangtuanya suka dan tidak suka. Agar mereka senang karena dibawakan sesuatu yang mereka suka.

Kamu juga bisa bertanya langsung pada calon mertua kamu, misal bertanya apa yang sedang mereka inginkan dan butuhkan. Dengan cara seperti ini biasanya akan membuat mereka luluh dan nyaman karena perlakuan yang kamu berikan layaknya anak kandung. 

  1. Ajak Bercanda

Saat kamu berbincang dengan calon mertua pasti akan terasa sangat kaku, apalagi topik obrolannya yang biasa saja. Dalam hal ini, memasukkan bumbu candaan ketika mengobrol dengan beliau bukan masalah yang besar.

Bila kamu bisa membuatnya tersenyum dan tertawa, maka ini bisa memancing rasa nyamannya padamu, sehingga beliau tidak merasa kaku juga padamu. Asalkan kamu tahu caranya menempatkan bumbu candaan dan di waktu yang tepat, pastikan juga candaan yang kamu lontarkan adalah candaan yang disukai oleh calon mertuamu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Tresia
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro