Kick Avenue./istimewa
Fashion

Kick Avenue, Marketplace Khusus Sneakers Original Cetak 50.000 Transaksi

Dewi Andriani
Rabu, 22 Juli 2020 - 19:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Seiring dengan semakin luasnya penetrasi pop-culture, sneaker-culture dan hype-culture di Indonesia, Kick Avenue, marketplace sneakers pertama di Indonesia berhasil melakukan lebih dari 50.000 transaksi sneakers, streetwear dan handbags dalam tiga tahun sejak didirikan pada 2017.

Transaksi tersebut didominasi oleh pembelian sneakers dengan berbagai brand, diantaranya 79 persen Nike JORDAN, 15 persen Adidas, 4 persen VANS dan 2 persen brand lainnya (Supreme, BAPE, OFF-WHITE).

Christopher Eko, CEO Kick Avenue mengatakan untuk memastikan produk yang terjual di platform tersebut 100 persen original, pihaknya selalu melakukan proses autentikasi dan verifikasi kepada para penjual untuk memastikan keaslian produk.

Ini bertujuan sehingga jika ditemukan produk yang tidak original maka tim Kick Avenue akan melakukan refund secara otomatis kepada pembeli.

“Dari 50.000 transaksi yang kami lakukan, kami menemukan 500 - 600 produk sneakers tidak original yang langsung kami kembalikan kepada penjual, dan pembayaran secara otomatis kami refund kepada pembeli,” ujarnya, Rabu (22/7/2020).

Menurutnya, proses autentifikasi tersebut merupakan upaya Kick Avenue untuk menjawab keresahan para sneakerhead dalam menghadapi permasalahan aftermarket, seperti garansi keaslian, harga yang kompetitif dan efisiensi pencarian produk.

Untuk itulah, di dalam setiap paket pembeliannya, selalu ada kartu garansi dengan nomor seri, hingga tanggal verifikasi yang telah ditandatangani oleh verifikator sehingga terjaminan keamanan dan originalitasnya.

“Kami juga memberlakukan transparansi harga untuk ribuan database penjual yang ada di platform kami, karena barang-barang hypebeast seperti ini sangat rawan untuk dilakukan pemalsuan dan permainan harga,” tambahnya.

Agar tercipta harga yang kompetitif, Kick Avenue membuat sistem marketplace menjadi lebih unik ketimbang marketplace pada umumnya dengan mengadopsi sistem bursa, yaitu harga produk yang terendah yang akan ditampilkan terlebih dahulu.

Sistem ini bertujuan agar konsumen mendapatkan sneakers dengan harga yang sesuai dengan harga pasaran dan dapat dijadikan acuan harga jual bagi user yang ingin menjual koleksi sneakersnya.

“Di dalam paket pembelian kami terdapat kartu garansi dengan nomor seri, tanggal verifikasi yang telah ditandatangani oleh verifikator sehingga dijamin aman dan original

Kick Avenue saat ini tersedia pada aplikasi iOS dan Android untuk memudahkan para sneakerhead dalam mendapatkan produk original. Kick Avenue juga menerapkan pembayaran dengan akun escrow untuk menjamin pembayaran hanya akan diterima penjual setelah kedua belah pihak mencapai harga kesepakatan,  sehingga akan tercipta proses transaksi yang transparan dengan kisaran harga produk yang sehat.

Agar lebih dekat dengan para sneakerhead dan brand sneakers ternama di tanah air, Kick Avenue akan mengadakan Kick Avenue Fair pada akhir Agustus nanti. Pameran sneakers yang dilakukan secara online ini akan menghadirkan brand-brand besar yang merilis produk mereka secara eksklusif.

Selain itu juga akan ada kegiatan charity untuk memberikan sepatu kepada para tenaga medis yang saat ini sedang berjuang dalam menghadapi pandemik. Setiap hari nya juga akan ada potongan harga untuk produk-produk yang dijual serta undian puluhan sepatu sneakers dari brand ternama untuk para pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro