Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Belajar di Rumah, Cara Ini Bisa Dorong Tumbuh Kembang Anak

Orang tua perlu mengeksplor minat atau ketertarikan anak pada suatu kegiatan sedari dini, fokusnya pun tidak hanya pada satu minat saja.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  21:03 WIB
Anak-anak bermain di wahana musim dingin Snow Storm yang dihadirkan untuk merayakan Lebaran dan musim libur sekolah 2019 oleh Pondok Indah Mall (PIM), Jakarta. - Istimewa
Anak-anak bermain di wahana musim dingin Snow Storm yang dihadirkan untuk merayakan Lebaran dan musim libur sekolah 2019 oleh Pondok Indah Mall (PIM), Jakarta. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA –Pandemi Covid-19 juga berdampak pada dunia pendidikan yang harus dijalani dengan kebijakan pembelajaran jarak jauh seperti ditetapkan oleh pemerintah di masa new normal. Kondisi ini tentu mengharuskan orang tua, keluarga, dan sekolah menyesuaikan cara pengasuhannya kepada anak-anak.

Lantas apa yang harus dilakukan saat proses pembelajaran dari rumah sehingga dapat terus mendorong tumbuh kembang anak anak berjalan optimal?

Saskhya Aulia Prima, Psikolog, Rumah Konsultasi Tiga Generasi mengatakan hal terpenting yang harus dilakukan dalam kegiatan pembelajaran di rumah adalah menciptakan suasana yang nyaman sehingga anak-anak tidak jenuh dan tetap semangat melakukan kegiatan belajar.

Selain itu, komunikasi yang lancar antara sekolah dan orangtua, terutama mengenai materi pembelajaran dan tantangan yang mungkin dihadapi orangtua saat di rumah, juga menjadi kunci keberhasilan proses belajar di rumah untuk anak-anak.

Para orang tua juga menurutnya harus menerapkan rutinitas meskipun di rumah saja.  Sebab, rutinitas yang dapat diprediksi dan dilakukan secara terus-menerus, mampu memberikan perasaan aman, tenang, dan nyaman di tengah kondisi yang sedang tidak menentu ini.

“Orang tua perlu ingat, bahwa kita bukan menghadapi anak kecil, tapi orang dewasa yang masih kecil, sehingga kita perlu mempersiapkan rumah sebagai wadah yang mampu membantu mereka menghadapi tantangan di masa depan,” ujarnya, dalam bincang BaBe 1 on 1, Rabu (22/7/2020).

Sementara itu, Farraas Afiefah Muhdiar, Psikolog Rumah Konsultasi Tiga Generasi menambahkan bahwa orang tua juga perlu mengeksplor minat atau ketertarikan anak pada suatu kegiatan sedari dini, fokusnya pun tidak hanya pada satu minat saja.

“Minat dan bakat pada kegiatan seni dan olahraga justru sangat berpengaruh pada faktor kognitif anak atau kecerdasannya. Karena itulah, saat sedang pembelajaran di rumah ini, menjadi momen yang tepat untuk mengeksplorasi berbagai minat anak melalui bermacam-macam kegiatan,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak tumbuh kembang anak Bermain
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top