Tes corona berbasis air liur
Health

Ilmuwan Temukan Tes Covid-19 Berbasis Air Liur, Hasilnya 45 Menit

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 24 Juli 2020 - 11:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Para peneliti dari BioFrontiers Institute di CU Boulder telah mengembangkan tes COVID-19 berbasis air liur yang mengubah warna, dari merah muda menjadi kuning, ketika hasilnya positif.

Peneliti CU Boulder itu mengembangkan tes COVID-19 berbasis air liur yang cepat, portabel, dan mampu menunjukkam hasil dalam 45 menit.

Tes semacam itu pada akhirnya mungkin dapat diterapkan di lingkungan masyarakat seperti sekolah dan pabrik. "Kami menghadapi kekurangan pengujian serius di negara ini sekarang karena lebih banyak orang ingin diuji dan laboratorium diagnostik kewalahan," kata Nicholas Meyerson, rekan pascadoktoral di Sawyer Lab di BioFrontiers Institute di CU Boulder dikutip dari Medicalexpress.com.

"Kami telah mengembangkan tes yang bisa memberikan hasil kepada orang lebih cepat."

Tes, yang dijelaskan dalam naskah pracetak yang diposting Jumat di arsip online MedRxiv.org, dirancang untuk skrining luas untuk membantu mengidentifikasi individu tanpa gejala.

Penelitian menunjukkan orang yang terinfeksi virus tetapi tanpa gejala yang jelas membuat sebanyak 70% dari kasus dan masih dapat menyebarkan penyakit. Dalam pengujian baru ini, pengguna meludah ke dalam tabung, yang akan diuji oleh staf penguji.

Mereka memprosesnya melalui sistem sederhana yang membutuhkan lebih dari pipet, sumber panas dan campuran enzim. Jika sampel berubah dari merah muda ke kuning, tes ini positif. Jika tidak, itu negatif.

Karena tidak ada penyeka yang diperlukan, dan tidak ada peralatan mewah yang diperlukan, tes kurang rentan terhadap simpanan dan kekurangan rantai pasokan, kata para peneliti.

"Setiap tes yang telah disetujui hingga saat ini mengharuskan sampel, bahkan jika itu air liur, diproses di laboratorium diagnostik klinis atau di kantor dokter, menggunakan peralatan canggih. Itu bisa memakan waktu hingga sembilan hari sekarang," kata Profesor Sara Sawyer, seorang ahli virologi di Departemen Molekul Seluler dan Biologi Perkembangan yang memimpin pengembangan tes.

Kunci pengujian cepat dan sering untuk membatasi penyebaran Tes ini didasarkan pada teknologi 20 tahun yang dikenal sebagai reverse transcription loop-mediated isothermal amplification (RT-LAMP) yang sebelumnya digunakan, misalnya, untuk menyaring nyamuk untuk virus Zika di daerah terpencil di Amerika Selatan.

Setelah sampel dikumpulkan, dipanaskan untuk membebaskan genom virus yang ada dalam cairan uji. Sampel ini kemudian ditambahkan ke tiga tabung, masing-masing berisi campuran enzim khusus yang, ketika dipanaskan hingga suhu tertentu, mengalami reaksi kimia ketika bahan genetik dari SARS-CoV-2 terdeteksi. Itulah virus yang menyebabkan COVID-19.

Dalam satu percobaan yang dijelaskan dalam makalah, para peneliti melakukan apa yang dikenal sebagai "validasi klinis yang dibuat-buat." Satu peneliti melonjak 30 dari 60 sampel air liur dengan SARS-CoV-2 yang tidak aktif di laboratorium. Kemudian mereka mengocok sampel dan memberikannya kepada ilmuwan lain untuk diuji dengan teknologi RT-LAMP.

"Tes diprediksi dengan akurasi 100% semua sampel negatif, dan 29 dari 30 sampel positif diprediksi secara akurat," kata Meyerson, mencatat bahwa tes 30 dinilai tidak meyakinkan. Tes validasi pihak kedua tambahan saat ini sedang berlangsung. Para penulis mencatat bahwa tes ini sedikit kurang sensitif daripada yang dilakukan di laboratorium klinis. Tetapi studi pemodelan komputer terpisah, juga oleh para peneliti di BioFrontiers Institute, menemukan bahwa perputaran cepat untuk pengujian bahkan lebih penting untuk mengendalikan pandemi daripada sensitivitas tes.

"Pemodelan kami menunjukkan bahwa apakah tes itu sensitif atau super sensitif tidak terlalu penting," kata Direktur BioFrontiers Roy Parker, penulis bersama makalah itu.

"Yang penting adalah pengujian sering, dengan hasil tes dikembalikan secepat mungkin, yang mengidentifikasi lebih banyak orang yang terinfeksi lebih cepat dan dapat membatasi infeksi baru."

Idealnya, tim melihat tes sebagai "alat triaging." 

Tim peneliti, bekerja sama dengan Venture Partners di CU Boulder, telah menciptakan perusahaan spin-off, Darwin Biosciences, untuk mengkomersilkan tes tersebut. Perusahaan ini juga mengerjakan tes cepat, lakukan sendiri untuk penyakit menular, yang dikenal sebagai SickStick, yang didasarkan pada teknologi yang berbeda dan dikemas seperti tes kehamilan di rumah. Ia berharap untuk membuatnya tersedia melalui outlet ritel suatu hari nanti.

"Sementara kita semua sangat optimis tentang vaksin coronavirus, para ilmuwan telah bekerja pada vaksin HIV selama 30 tahun tanpa hasil," kata Sawyer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro