Kakak beradik
Health

Jarak Ideal Antara Anak Pertama dan Kedua

Krizia Putri Kinanti
Selasa, 4 Agustus 2020 - 15:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Walaupun memiliki anak kedua adalah pilihan pribadi, sebaiknya tunggu beberapa saat sebelum Anda hamil lagi.

Saat ini, sebagian besar wanita memulai keluarga mereka di usia tiga puluhan, yang tidak membuat mereka memiliki fleksibilitas untuk memiliki kesenjangan yang lebar antara dua anak karena kesuburan yang semakin berkurang.

Dikutip dari Times of India, Selasa (4/8/2020), Para ahli menyarankan yang terbaik untuk sepenuhnya pulih dari satu kehamilan dan persalinan sebelum hamil lagi untuk kesehatan Anda dan bayi Anda. Orang harus sangat berhati-hati tentang hal ini jika mereka memiliki kadar zat besi yang rendah.

Menurut sebuah review studi, ada risiko yang secara signifikan lebih tinggi dari bayi prematur dan berat lahir rendah pada bayi yang dikandung dalam waktu enam bulan setelah melahirkan pertama. Kesenjangan 18-23 bulan antara dua kehamilan adalah yang terbaik dan ideal karena memberi Anda waktu untuk memulihkan dan mengisi kembali sumber daya tubuh Anda.

Risiko itu juga terlihat pada bayi yang dikandung dalam tujuh hingga 17 bulan, meskipun lebih rendah dari bayi yang dikandung dalam enam bulan. Kesenjangan yang lebih kecil juga menyulitkan karena semua biaya berkumpul dan ada terlalu banyak perdebatan di kemudian hari ketika minat anak-anak tumpang tindih.

Namun, juga merupakan pengetahuan umum bahwa ketika kesenjangan terlalu banyak, anak-anak mungkin merasa kurang dekat satu sama lain. Yang menambah adalah kebencian dari anak yang lebih tua yang merasa bahwa posisinya telah diambil oleh pendatang baru.

Studi lain telah menemukan bahwa kesenjangan 59 bulan atau lebih antara dua kehamilan juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kelahiran prematur dan berat lahir rendah.

Yang terbaik adalah menunggu setidaknya tujuh bulan hingga satu tahun sebelum Anda mulai mencoba untuk hamil lagi. Ini akan membantu Anda tetap sehat dan membantu bayi Anda berikutnya untuk memulai lebih sehat. Memiliki dua bayi lebih dekat satu sama lain dapat secara emosional dan finansial memberatkan.

Tetapi pada akhirnya, semua tergantung, apakah Anda siap untuk memiliki bayi lagi?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro