Ilustrasi ibu dan anak remaja/istimewa
Health

Ini 9 Cara Komunikasi Orang Tua ke Anak

Elsa Hayati Sukma
Jumat, 17 Februari 2023 - 15:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Komunikasi merupakan cara penyampaian mengenai suatu hal dengan menggunakan tutur kata. Proses interaksi yang dilakukan ini merupakan bentuk dari komunikasi, tapi tahukah kamu apa saja komunikasi yang efektif kepada anak?

Cara berkomunikasi dengan anak tidak hanya dengan mengajarkan bagaimana berkomunikasi dengan orang lain, tetapi juga bagaimana cara membentuk perkembangan emosional mereka dan membangun hubungan di kemudian hari.Bukan hanya itu nada suara, sorot mata, peluk dan cium merupakan salah satu komunikasi efektif yang dilakukan kepada anak.

Komunikasi terdapat dalam dua jenis yaitu komunikasi verbal dan nonverbal, komunikasi Verbal menggunakan kata- kata, sedangkan komunikasi nonverbal merupakan komunikasi yang tidak menggunakan kata kata atau menggunakan bahasa tubuh.

Komunikasi verbal terdapat beberapa macam salah satu nya nada bicara, kata- kata yang diucapkan, dialek atau kata-kata yang mudah dipahami. 

Sedangkan komunikasi nonverbal menggunakan bahasa tubuh seperti ekspresi wajah, Gerakan tangan, sentuhan fisik, dan kontak mata. 

Komunikasi baik verbal dan nonverbal mempunyai cara untuk melatih keterampilan komunikasinya agar lebih baik dan efektif. 

Ini 9 cara komunikasi orang tua ke anak: 

1. Mendengarkan secara aktif

2. Mendengarkan secara reflektif. 

3. Berbicara dengan jelas

4. Menghindari menyela

5. Menjelaskan perasaan 

6. Menggunakan pernyataan ‘memperhatikan’

7. Bersenang-senang bersama 

8. Fokus pada perilaku

9. Memimpin dengan contoh 

Pentingnya komunikasi  efektif yang dilakukan kepada anak untuk membantu anak dalam mempermudah kata-kata, emosional, serta ungkapan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro