Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ayo Tebak, Negara-negara di Asean Pilih Vaksin Virus Corona AS atau China?

Negara paling disoroti di Asia adalah Indonesia. Sebab Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 07 Agustus 2020  |  19:30 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. - Antara
Ilustrasi vaksin Covid-19. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia, Filipina telah menggandeng China, sedangkan Singapura dan Jepang bermitra dengan perusahaan AS untuk mempercepat penelitian vaksin virus corona (Covid-19).

Selain empat negara di atas, ada juga Thailand dan India yang sangat percaya diri mengembangkan vaksin corona untuk memenuhi kebutuhan domestik. Para ahli mengatakan faktor geopolitik menjadi alasan pemerintah untuk menggandeng negara pencipta calon vaksin Corona, sambil menunjukkan tantangan yang melekat dalam vaksinasi skala luas.

Akankah vaksin Covid-19 pertama diproduksi oleh China, Amerika Serikat atau Inggris?

Saat ini telah ada sekitar 160 vaksin virus corona yang sedang dikembangkan secara global. Negara-negara pencipta vaksin virus corona juga sedang melakukan kesepakatan dengan perusahaan farmasi dan perusahaan milik negara untuk mendapatkan kesempatan pertama.

Dengan harapan, bila masyarakat bisa disuntikkan vaksin dengan cepat, maka ini berpotensi berdampak positif bagi ekonomi, setelah telah terpukul akibat gangguan perdagangan, pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Contohnya, penelitian yang dilakukan oleh perusahaan bioteknologi Amerika Arcturus Therapeutics untuk mengamankan dosis pertama dari setiap vaksin yang berhasil. Arcturus bermitra dengan Duke-NUS Medical School di negara pulau itu, sekarang berada dalam tahap awal pengujian manusia dengan tujuan memproduksi 30 juta dosis vaksin sekali pakai.

Wakil Direktur Program Penyakit Menular Duke-NUS, Ooi Eng Eong mengatakan jumlah dosis yang diproduksi pada batch pertama kemungkinan akan melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh Singapura dan mungkin tersedia untuk didistribusikan ke negara lain. Sementara itu, Singapura telah bekerja sama dengan produsen farmasi yang lebih kecil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksin Virus Corona covid-19
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top